Segala Hal yang Wajib Diketahui tentang Ospek Daring. Para Mahasiswa Baru 2020, Catat nih!

Tips ospek daring

 

Advertisement

Gimana sih ketika pertama kali jadi Maba (Mahasiswa Baru) ?

Hai, buat kalian mahasiswa baru seluruh fakultas dan universitas di mana pun kalian berada jangan lupa untuk tetap semangat. Kita berjuang yuk di masa-masa sulit ini untuk tetap semangat dan optimis dalam menuntut ilmu.

Menjadi maba yang pertama kali menjadi sorotan ialah kita melihat presma (presiden mahasiswa) kita saat berorasi yang mampu menggetarkan hati dan mengguncangkan semangat. Kata demi kata dalam setiap ucapan memberikan kesan untuk menggugah maba agar bisa bersemangat dalam menuntut ilmu terutama untuk tidak tunduk terhadap penindasan melalui berpikir kritis. Tranformasi dari siswa menjadi mahasiswa tentu bukanlah hal yang sepele, karena sebagai mahasiswa kita sudah harus dituntut untuk mandiri dan mampu berpikir kritis.

Advertisement

Jika membahas mengenai maba, tentu sangatlah menarik. Kenapa bisa dikatakan menarik? sebab dari maba lah semangat dan daya juang sangatlah membara. Maba dengan bangga memasuki kampus menggunakan  identitas almamater impiannya masing-masing. Hal ini tercermin didalam serangkaian ospek yang telah diselenggarakan oleh kampus masing-masing. Dimana maba harus bisa mengikuti serangkaian acara ospek yang telah diselenggarakan oleh kampus. 

 

Advertisement

Lantas saat pandemi Covid-19,  apa yang dilakukan?

Ups, don't worry ya buat kalian. Pandemi bukanlah penghalang untuk menghilangkan kesan pertama menjadi maba. Berdasarkan peraturan yang diterapkan di berbagai universitas di Indonesia serangkaian ospek tetap dilakukan. Lalu dengan cara apa? Dengan adanya teknologi yang sudah canggih ini, ospek dilakukan secara daring atau online.

Ospek online tidak akan mengurangi rasa semangat kok, karena kalian harus berbangga ini tahun pertama dan berbeda di tahun-tahun sebelumnya. Ospek daring dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan dan tentunya demi keamanan dari teman-teman semuanya. Tetap patuhi tata tertib, bersemangat dan selalu mengikuti serangkaian acaranya ya :)

 

Apa aja sih yang perlu di persiapkan?

Tentunya, teman-teman pasti ada yang kebingungan dengan ospek daring ini. Sebelum mengikuti seluruh kegiatan pastikan teman-teman sudah membaca buku panduan mengikuti ospek daring ini, lalu jangan lupa untuk terus mengikuti official account atau akun resmi ospek karena dari sinilah kita akan mendapatkan berbagai informasi.

Selanjutnya, teman-teman bisa menyiapkan keperluan yang akan digunakan untuk ospek seperti; laptop atau handphone, alat tulis, koneksi internet, seragam yang digunakan serta keadaan yang sehat. Nah, pastikan keperluan ospek sudah dipersiapkan H-3 sebelum acara ya. Jangan lupa koneksi internet diperhatikan, agar teman-teman dapat menyimak seluruh hal yang dilakukan di ospek daring ini. Pastikan temen-temen juga mencatat materi yang telah disimak, karena biasanya materi ini digunakan untuk penugasan dan dikumpulkan sebagai syarat kelulusan dan keikutsertaan ospek.

 

Hal yang harus dihindari saat mengikuti ospek daring

Nah, selain hal persyaratan yang harus dibawa dan wajib untuk melengkapinya. Tentu juga ada hal yang tidak diperkenankan untuk dilakukan. Berhubung ospek kali ini dilakukan secara daring, kali ini teman-teman harus menghindari hal ini agar serangkaian acara yang diikuti berjalan dengan baik dan lancar.

Pertama, jika teman-teman melakukan ospek secara virtual, pastikan teman-teman mencari tempat yang tenang dan tidak membuat gaduh. Pastikan juga untuk membisukan suara jika ada sesi penyampaian materi. Jangan sampai ketika acara berlangsung, teman-teman ramai dan asyik sendiri.

Kedua, pastikan teman-teman hadir tepat waktu dan usahakan sudah siap sebelum acara dimulai. Ketiga, pastikan memakai pakaian yang sopan dan sesuaikan dengan aturan ospek yang berlaku, hindari untuk memakai kaos. Keempat, tetap menjaga attitude dan etika saat menyimak karena hal ini biasanya masuk dalam kriteria penilaian jangan lupa untuk menghargai dan menghormati terhadap orang lain ya, karena apa yang kita perbuat akan mencerminkan karakter kita. Tetap semangat :)

 

Apa aja sih perbedaan ospek langsung dengan online ?

Bagi teman- teman yang sudah pernah merasakan ospek secara langsung pasti pernah merasakan rasanya jauh dari orangtua, dituntut untuk mandiri dengan bangun pagi-pagi dan harus berangkat ospek pagi-pagi. Kemudian, merasakan rasanya mengerjakan tugas sampai larut malam hingga ketiduran, mengerjakan tugas yang dikasih simbol atau di sandikan seperti hal dalam penugasan misal ; membawa sayur loe gue atau sayur lodeh, membawa nasi selimut hijau atau lontong dan air bantal (susu kemasan bantal).

Semua itu ada keseruan saat dipecahkan bersama-sama dengan teman ospek. Belum lagi kita saat ospek dilatih untuk disiplin, jujur, peduli terhadap sesama dengan berbagi makanan misalnya. Hal itu memberikan memberikan kesan tersendiri jika di ingat. Eits, tapi secara online juga tidak kalah menarik kok, karena dilakukan secara online dapat dilakukan secara langsung dari rumah. Teman-teman bisa merasakan hal ini kok nanti jika kuliah secara langsung. Jangan khawatir :)

 

Jadi, pembahasan diatas sengaja penulis bahas agar teman-teman tidak bingung dan cemas dalam menghadapi ospek online. Penulis memberikan saran sebagai masukan kepada tema-teman sekalian agar tahu bagaimana suka duka maba, mengikuti acaranya, apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Jangan goyahkan semangat ya, karena kalian akan sampai kelak menjadi mahasiswa terutama sebagai agen perubahan. 


"Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemudi kita tidak bisa, jika mau berjuang" (Abdoel Moeis).


Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

mahasiswa peternakan universitas brawijaya yang ingin berbagi pengalaman seputar opini yang tertuang dalam tulisan. Silahkan berkomentar dapat berupa kritik dan saran.

CLOSE