Untuk Kamu yang Masih Galau Mau Jadi Apa, Jangan Khawatir Kita Semua Pernah Mengalaminya, Kok!

Pelan-pelan, nanti juga ketemu

Kamu yang berada di Quarter Life Crisis, umur 20-an sampai menjelang 30 tahun pasti pernah deh mengalami hal ini. Bingung mau jadi apa. Bingung abis lulus mau gimana. Bingung mau berkarir menjadi apa. Sampai bingung mau nikah dulu apa kerja dulu. Banyak kebingungan.

Advertisement

Bukan hal remeh lagi seperti memilih es krim ataupun film yang mau ditonton. Bukan seperti memilih barang yang akan di check out di e-commerce Bukan. Ini lebih besar daripada itu. Ini akan menentukan jalur kehidupanmu kedepannya. Wajarlah kalau kamu takut dan punya banyak kebingungan. Wajarlah kalau kamu jadi galau takut-takut keputusanmu salah dan masa depanmu suram karenanya.

Berita bagusnya, hampir semua orang mengalami hal tersebut. Kamu, aku, dan manusia lain di dunia, mungkin kecuali Putri Kerajaan. Tapi kulihat kini putri kerajaan pun bisa menentukan apa yang dia mau atas dasar pilihannya sendiri. Tentu saja harus menanggung resikonya, seperti Putri Mako yang melepas gelar kerajaannya untuk menikah dengan lelaki non bangsawan.

Anyway karena kita bukan Putri Kerajaan yang garis hidupnya sudah terjamin seperti Putri Mako ataupun Putri Diana, tentu wajar kita khawatir dengan masa depan kita dan keputusan kita saat ini yang akan berefek kepada masa depan kita nanti. Hal itu adalah wajar dan cara untuk mengetahui pilihan kita salah atau tidak adalah dengan menjalaninya.

Advertisement

Dibandingkan hanya sekedar galau akan masa depan dan pilihan hidup ingin menjadi apa nantinya, lebih baik putuskan dan cobalah jika kesempatan datang. Ketika menjalaninya kamu akan tahu apakah keputusanmu salah atau tidak. Jika keputusanmu kamu rasa salah ya sudah tidak apa-apa, coba lagi saja pilihan lain yang ada. Tidak apa-apa kok mengulang dari nol lagi ketimbang stuck di keputusan hidup yang kamu anggap salah.

Tentunya kamu yang paling tahu hidupmu. Mau jadi apapun kamu tidak masalah selama kamu bahagia. Jika saat ini kamu belum tahu apa yang kamu mau, tidak apa-apa kok. Cobalah jika ada kesempatan menjadi sesuatu di masa depan, barangkali kamu akan menyukainya :)

Cobalah banyak hal agar kamu tahu mana yang kamu inginkan. Satu hal yang harus diingat tidak apa mengulang kembali dari awal ketimbang bertahan di tempat yang kamu rasa salah dan kamu tahu bukan itu yang kamu inginkan. Semangat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE