Menjadi single pada masa kini memang benar-benar diuji, dari karena baper karena lagu romantis yang sedang hits seperti lagu Akad milik Payung teduh sampai lagu teman hidup punya tulus . Bagaimana seorang single yang hanya bisa membayangkan entah kepada dan untuk siapa lagu romantis itu mereka nyanyikan. Apalagi jika di media sosial melihat unggahan foto pasangan yang sedang kasmaran wiih bertambah baper dan rasa ingin yang tidak bisa dielakan.

Alih-alih begitu bukan berarti menjadi single adalah tanda bahwa kamu tidak menjadi lebih beruntung atau bahagia daripada oranglain yang sudah berpasangan. Kamu tahu kan perihal menikah bukan masalah balap-balapan tentang siapa cepat dia dapat, ini hanya masalah waktu bertemu dengan belahan jiwa yang memang sebelumnya Tuhan sudah tetapkan skenario kapan terjadinya.

Menjadi single barangkali adalah cara tuhan menyiapkan jalan cerita yang berbeda dari yang kamu kira, seperti menjadi single yang butuh ruang sendri agar kamu bisa merasakan kebersamaan dan kebermanfaatan waktu dengan sahabat dan keluarga lebih lama serta dapat mengetahui potensi dan mengenali diri sendiri sampai mana.

Menjadi single adalah waktumu memiliki ruang sendiri

Kamu bisa memiliki waktu lebih untuk karirmu seperti, bekerja dengan sibuk mengerjakan ini itu dari pagi sampai larut malam, serta ruang sendiri juga memberikan kesempatan waktu bagimu untuk menguji potensi diri sampai mana kemampuanmu untuk meniti tangga karir, apalagi kamu yang wanita.

Advertisement

Beberapa wanita biasanya setelah nanti ia menikah fokus karirnya akan berbeda dengan ketika dia masih single, saat menjadi single ia bebas menjadi wanita karir yang bekerja di Luar dimana saja selagi dia suka dan mampu maka ia akan melakukanya. Setelah menikah beberapa wanita akhirnya akan mengambil fokus karir terbaiknya sebagai wanita karir di dalam rumah yaitu menjadi ibu rumah tangga dengan mengurus suami dan anak-anak yang sehat sambil membuat kerajinan tangan lucu- lucu.

Pun juga laki-laki, Saat masih single laki-laki bebas berkarir sampai kapan dan dimana saja, bekerja keluar kota keluar negeri sampai jarang pulang kerumah merantau misalnya, lalu bekerja dari pagi setelah itu berkumpul nongkrong bersama teman-teman sampai larut malam. Lalu setelah menikah laki-laki apakah bisa tetap seperti begitu? menurut peraturan rumah tangga yang juga disusun oleh wanita baginya tidak bisa.

Laki-laki setelah menikah dengan wanitanya sebagai pasangan hidup yang mesra akan menuntut laki-lakinya berpenghasilan tetapi juga tetap menjadi seseorang suami yang ditunggu waktu pulang kerjanya untuk bisa disambut dan setiap hari diharapkan selalu makan bersamanya, juga dapat melakukan hal seperti mengantar berbelanja, mengajak anak anak bermain serta pergi jalan-jalan bersama keluarga .

Menjadi single adalah waktumu bersama sahabat dan hal yang kamu suka

Menjadi wanita single memberimu waktu lebih untuk meghabiskan waktu santai dengan sahabat seperti pergi menonton setelah itu makan diluar sambil mengobrol, atau juga sebagai wanita single kamu bisa membeli tiket konser musik atau mengoleksi tas, sepatu barang-barang kesukaan dengan uangmu sendiri.

Pun juga sebagai laki-laki yang masih single kamu bisa melakukan hobi luar ruangan yang lebih menantang seperti pergi berpetualang naik gunung atau menyelam lautan walaupun tidak membawa uang itu tidak masalah asal bisa menghabiskan waktu dengan berbagai hal pengalaman baik sendirian ataupun dengan teman.

Jika sudah menikah kau akan banyak berpikir dan mempertimbangkan hal itu semua.

Setelah menikah pasanganmu adalah teman terbaikmu, seseorang yang menemanimu dalam suka maupun duka yang tidak hanya untuk berbagi masalah dan keperluan rumah tangga saja tetapi juga sahabat terbaik sebagai partner melakukan hal bersama-sama. Ruang lingkupmu tidak akan sebebas dulu, saat single kamu bisa pergi dengan siapa saja dan bisa membeli apa saja yang kamu suka tetapi tidak setelah menikah apalagi jika sudah punya anak. Setelah menikah ada keperluan dan kebahagiaan rumah tangga yang harus dipenuhi bersama yang dibutuhkan kerjasama dalam pengelolaan rumah tangga didalamnya.

Menjadi single adalah waktumu berbagi dengan orangtua dan sesama

Menjadi single yang berpenghasilan selain untuk memenuhi kebutuhan pribadi yang tercukupi pasti ada keinginan juga untuk berbagi, setelah bekerja dan menerima gaji kamu akan menganggarkan biaya untuk orangtua karena selama ini telah membiayaimu hidup serta sekolah pun juga keinginan berbagi dengan sesama seperti memberi kado ulang tahun atau menyiapkan pesta kejutan.

Jika setelah menikah pun jika kamu bekerja walaupun itu penghasilamu tetapi bukan berarti kamu bisa menggunakanya dengan semaumu. Penghasilan setelah menikah adalah milik keluarga, diperlukan komunikasi dan diskusi dengan pasanganmu sebelum melakukanya agar nanti tidak ada kesalahpahaman setelahnya.

Dengan begini bukan berarti kehidupan setelah menikah itu tidak menyenangkan. Menikah itu malah asik karena apa-apa ada temanya. Kehidupan single atau menikah sama-sama akan menjadi lebih indah jika disetiap prosesnya kita mau menikmatinya.

Menjadi single bukanlah hal yang perlu dipermasalahkan statusnya toh itu hanya keadaan sementara karena esok atau lusa pun kamu akan menikah juga. Nikmatilah ke-single-lan dengan kehidupan yang sibuk dan bermanfaat, bukan hanya single sekedar single tetapi juga sebagai single yang tetap stay cool dan bermatabat.

Salam Single