Jerawat adalah gangguan pada kulit yang terjadi ketika minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori. Jerawat merupakan permasalahan yang paling umum pada kulit, yang dicirikan dengan hadirnya komedo, kulit kemerahan karena iritasi, noda hitam, atau bintik merah membengkak hingga bernanah.

Nah, setelah jerawat menghilang, tentunya meninggalkan noda pada wajah, noda itulah yang kita sebut dengan noda bekass jerawat. Noda bekas jerawat adalah hal yang paling menakutkan bagi kalangan remaja, terutama wanita. Berikut adalah cara-cara alami yang ampuh untuk menghilangkan bekas noda jerawat;

Advertisement

1. Jagung

Cuci jagung hingga bersih, kemudian parut jagung. Jika hasil parutan kurang halus/kurang lembut bisa dihaluskan menggunan blender. Bila sudah halus ratakan jagung pada wajah, tunggu hingga kering. Setelah kering pertama-tama bilas dengn air hangat, setelah bersih baru bilas wajah dengan air dingin.

Lakukan perawatan ini secara teratur 2 kali dalam seminggu.

Advertisement

Jagung mengandung vitamin A, vitamin C, serta asam sitrat. Vitamin C memiliki fungsi untuk memicu regenerasi kulit dan menghambat terbentuknya jaringan parut sehingga kulit akan tampak lebih cerah dan bersih. Sedangkan asam sitrat fungsinya adalah sebagai anti oksida. Dan vitamin A sendiri memiliki fungsi untuk menjaga elaksitas dan kekenyelan kulit.

2. Jeruk nipis/Lemon dan Putih telur.

Peras jeruk nipis/lemon dan campurkan putih telur secukupnya (di anjurkan menggunkan telur ayam kampung). Kocok hingga tercampur rata. Ratakan pada wajah, tunggu 15-20 menit, lalu bilas dengan air. Gunakan perawatan ini dengan rutin seminggu 3 kali.

Putih telur selain untuk menghilangkan minyak di wajah, putih telur juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat yang ada di wajah, hal ini dikarenakan kandungan asam amino dan protein pada putih telur baik untuk menghilangkan bekas jerawat. Sedangkan air jeruk nipis yang bersifat asam dan mengikat mampu memudarkan noda bekas jerawat lalu mencerahkan secara bertahap.

3. Madu

Siapkan madu dalam kondisi hangat. Oleskan pada bagian noda bekas jerawat. Diamkan selama 2-3 jam dan kemudian bilas dengan air hangat

4. Lidah buaya

Potong lidah buaya menjadi dua bagian, iris bagian yang berduri. Kupas bagian luar kulit lidah buaya. Ambil gel lidah buaya dan letakkan pada wajah. Haluskan gel dengan blender. Oleskan gel lidah buaya pada kulit wajah atau noda bekas jerawat. Bilas dengan air hangat dan keringkan. Lakukan ini selama 2 hari sebulan untuk hasil yang memuaskan.

5. Buah Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi untuk mengikis sel kulit mati. Bersihkan dan potong pepaya menjadi beberapa bagian. Haluskan pepaya, lalu oleskan masker pepaya pada wajah. Diamkan kurang lebih 15 menit dan bersihkan dengan air hangat. Segera bersihkan kuliat setelah 15 menit, karena pepaya memiliki efek yang bisa membuat kulit menjadi merah jika terlalu lama pemakaiannya.

Berikut itu adalah cara-cara alami yang ampuh untuk menghilangkan noda bekas jerawat, lakukan langkah-langkah perawatan tersebut secara bertahap, tepat dan benar agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya