Ajang pencarian bakat selalu melahirkan bintang baru. Meski tak semua yang tetap bertahan berkarya di dunia tarik suara, namun tak sedikit pula yang menjadi idola kawula muda. Bahkan, ada pula yang tersisih sebelum sampai ke final, namun tetap menjadi artis papan atas. Siapa saja mereka? Yuk simak 5 penyanyi yang menjadi idola saat ini.

1. Judika

Advertisement

Siapa tak kenal Judika. Runner up Indonesian Idol season 2 ini memiliki suara serak yang khas. Tak heran setiap lagu-lagunya selalu menempati deretan atas di berbagai tangga lagu. Hingga kini, Judika sudah merilis lebih dari 20 judul lagu di antaranya Bukan Rayuan Gombal, serta Aku yang Tersakiti dan Setengah Mati Merindu yang tidak hanya menuai sukses di dalam negeri, namun juga menempati posisi pertama chart RBT di Malaysia.

Judika tidak hanya sukses sebagai penyanyi, namun juga menjadi aktor dalam sejumlah film layar lebar seperti The Tarix Jabrix 2, Crazy Love, Rojak serta Air dan Api. Berkat kemampuan vokalnya yang sudah tak diragukan, ia juga didapuk menjadi juri Indonesian Idol.

2. Mike Mohede

Advertisement

Mike Mohede pertama kali dikenal publik luas ketika memenangi Indonesian Idol pada tahun 2005. Pada saat itu, namanya langsung melambung. Sosoknya yang selalu menyuguhkan senyum manis pun langsung menjadi idola publik.

Mike memiliki suara yang khas dan beraliran pop sekaligus jazz. Karena itu, ia dipercaya tampil di berbagai ajang internasional, seperti Java Jazz Festival. Mike juga pernah berkolaborasi dengaan beberapa musikus dunia, seperti Dave Koz dan Vinnie Valentino.

Sayang, dipuncak karirnya, Mike Mohede justru dipanggil yang Kuasa. Ia terkena serangan jantung pada Juli 2016.

3. Dara

Dara Rizki Ruhiana atau lebih akrab disapa Dara mulai dikenal setelah bergabung dengan duo The Virgin besutan Ahmad Dhani.Single Cinta Terlarang mengawali debutnyayang terbilang sukses. Dalam waktu singkat, The Virgin menjadi duo idola publik. Sebelum sukses bersama The Virgin, Dara sempat mengikuti ajang pencarian bakat Mamamia Show 2008 di Indosiar. Sayangnya, ia tersingkir saat posisi 9 besar.

Bersama The Virgin, Dara berpartisipasi dalam pembuatan album kompilasi New Beginning 09 yang juga membuat single perdana mereka. Lagu The Virgin memenangkan 2 nominasi di Inbox Awards, yaitu Pendatang Baru Paling Direquest dan Video Klip Terlama di Posisi 1. Pada tahun 2011, Dara dan Mitha merilis album perdana mereka bertajuk Yes I Am dengan 9 lagu di dalamnya. Selang 3 tahun, mereka kembali menelurkan album kedua bertajuk Positive Negative. Di album ini, Dara berperan juga sebagai pencipta sekaligus arranger lagu mereka.

4. Billy Simpson

Penyanyi pop ballads ini memulai karirnya saat menjadi pemenang The Voice Indonesia tahun 2013. Ia menyanyikan lagu “One” dari U2 saat blind audition dan berhasil membuat keempat juri memutarbalikkan kursi mereka. Ia memilih Giring Ganesha sebagai mentornya pada saat itu.

Billy sendiri tidak memiliki latar belakang keluarga di dunia musik. Ketertarikannya pada musik didapatnya lewat menyaksikan film-film Disney saat ia kecil. Kemampuan bermusiknya mulai diasah saat bersekolah di Melbourne dengan terlibat dalam acara-acara musikal yang diadakan oleh para mahasiswa Indonesia. Sejak itu, dukungan penuh di dunia musik didapat dari sang kakak.

Penyanyi bergenre Pop Ballad ini mempunya ciri khas dalam setiap single yang dikeluarkannya. Selain musik yang easy listening, lagu-lagunya juga digandrungi kalangan milenials. Sebut saja Envy You (2016) dan Sendiri (2017) yang berhasil bertahan di chart #1 Gen FM & Hardrock FM selama beberapa minggu. Baru-baru ini, ia juga mengeluarkan single terbaru berjudul I Need Love yang dalam waktu singkat masuk dalam jajaran top 20 Prambors FM.

5. Kunto Aji

Program acara pencarian bakat Indonesian Idol musim kelima tahun 2008 kembali sukses melahirkan salah satu finalisnya yaitu Kunto Aji Wibisono sebagai penyanyi tanah air. Meski harus terhenti di babak spektakuler kesembilan, namun penampilan dan suaranya sudah dikenal oleh masyarakat luas.

Kunto Aji juga sempat tampil di layar kaca dengan membintangi film pertamanya “Senggol Bacok” tahun 2012. Dua tahun berselang, ia kembali merilis single pertamanya yang berjudul Terlalu Lama Sendiri, disusul album perdana bertajuk Generation Y setahun kemudian.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya