Musim panas bisa menjadi musim yang paling menyebalkan bagi sebagian gadis. Terutama yang sering bermasalah dengan kulit berminyak atau jerawat. Musim panas bisa membuat kulit Anda lebih berminyak. Apalagi ketika Anda berkeringat, wajah Anda akan terlihat lebih bersinar. Daripada wajah cantikmu makin berminyak saat cuaca panas, yuk ikuti lima tips berikut ini :

1. Hindari paparan sinar matahari

Advertisement

Berada di bawah sinar matahari hanya akan membuat Anda berkeringat, dan mendapat efek berbahaya dari sinar UV. Selain itu, sinar matahari dapat menyebabkan peningkatan sekresi minyak paradoks, membuat kulit Anda lebih berminyak! Selama jam 10:00-3:00 sore, matahari berada di puncak dan memancarkan sinar yang panas.

Jadi hindari sinar matahari terutama pada waktu tersebut. Juga, cobalah untuk menutupi kepala dan memakai kacamata hitam. Jangan lupa gunakan sunscreen ketika akan keluar rumah.

2. Pakai asam salisilat

Advertisement

Asam salisilat adalah bahan alami yang aktif bekerja dengan pengelupasan sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih segar. Menggunakan bahan ini akan membantu mencegah dan mengobati kulit berminyak, komedo, jerawat dan biang keringat! Ketika digunakan untuk jerawat, asam salisilat akan mencegah sel-sel kulit mati menutup folikel rambut sehingga mencegah penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.

3. Jangan sering cuci muka

Meskipun kita merasa berkeringat selama cuaca panas, itu tidak sehat untuk mandi atau mencuci wajah Anda lebih dari dua kali sehari. Bila Anda terlalu sering mencuci, kulit Anda kehilangan kelembapan, sehingga akan menghasilkan minyak berlebih agar kembali lembap. Jadi mencuci muka terlalu sering akan meningkatkan kadar minyak pada wajah Anda.

4. Ubah rutinitas Anda

Di musim dingin atau panas kita cenderung untuk menambahkan produk tambahan untuk memberikan kembali kelembapan kulit kita seperti serum. Hentikan produk-produk tambahan dan menggunakan pelembap lotion ringan atau gel sebagai gantinya. Anda akan merasa lebih segar dan kulit Anda akan kadar minyak berkurang.

5. Kurangi make-up

Meskipun Anda merasa telanjang tanpa make up, namun sebaiknya kurangi penggunaan make up saat musim panas. Foundation hanya akan membuat wajah Anda lebih mudah berkeringat. Selain itu, produk tersebut dapat menyumbat pori-pori Anda yang menyebabkan mudah berjerawat.

Sebaliknya, gunakan pelembap ringan saat musim panas. Jangan sampai penampilan Anda rusak karena kulit wajah yang bisa dipakai untuk bercermin. Lakukan tips di atas agar wajah tetap berseri ketika cuaca panas.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya