!-- Publift Fuse -->

6 Cara Jitu agar Hubungan Pertemananmu Tetap Awet hingga Nanti

Siapa manusia tidak punya teman di dunia ini? Barangkali tidak ada, karena secara lahirnya manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain di dalam hidupnya. Contoh sederhananya begini, ketika kita lahir jika tanpa bantuan orang lain dalam hal ini bisa saja orang tua, mulai dari memberikan kita air susu, makan, mengganti pakaian, dan lain sebagainya sehingga kita tetap bisa berada dalam kondisi yang baik.

Advertisement

Belakangan ini cukup banyak orang yang bilang “saya tidak butuh orang lain dalam hidup ini”, bisa jadi orang ini adalah tidak pernah menjalani masa kecil, begitu lahir langsung dewasa dan bisa melakukan semua sendiri. Dengan kata lain adalah kita tidak perlu egois dan sombong untuk mengatakan tidak membutuhkan orang lain, oleh karena itu adalah penting untuk menjaga sebuah hubungan pertemanan agar tetap awet. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membuat kita dan orang di sekeliling kita tetap nyaman, nah ini dia :

Jangan Membandingkan Teman

Ini adalah hal yang cukup krusial dalam sebuah pertemanan, membandingkan teman adalah tindakan yang bodoh dan ceroboh apalagi sampai ketahuan oleh teman kita sendiri…hmm..bisa jadi bakalan langsung ada perang dunia kedelapan. Membandingkan teman kita dengan teman yang lain adalah baik dalam konteks bahwa itu dalam hal yang positif dan tidak menceritakan hal tersebut kepada orang lain, apalagi media sosial, karena kita harus paham bahwa tidak ada manusia yang sempurna sehingga teman kita pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk kita!.

Advertisement

Saling Support

Tidak hanya dari orang tua, dukungan dari teman juga termasuk dalam hal yang patut kita perhitungkan karena teman biasanya juga telah memahami sikap dan perilaku kita. Tidak jarang nasihat dan dukungan yang diberikan kepada kita juga menjadikan motivasi tersendiri. Oleh karena itu sebagai teman yang baik kita harus memberikan dukungan dan nasihat apabila teman kita tengah berada di dalam keraguan, pecahkan dan cari solusi bersama atas fenomena yang ada sehingga kita merasa menjadi bagian yang berarti didalam sebuah hubungan.

Advertisement

Ucapan Terima Kasih

Terdegar sepele tetapi jangan salah dengan mengucapkan terima kasih kepada teman membuat teman kita merasa bangga dan haru. Tidak perlu hal besar untuk dilakukan, sekalipun teman kita melakukan hal yang kecil, misalnya meminjamkan kita penghapus atau mengambilkan segelas air, ucapkan selalu terima kasih sembari tersenyum. Hal tersebut membuat teman kita akan merasa lebih dihargai sehingga hubungan pertemanan akan terjalin semakin erat.

Komunikasi Yang Baik

Komunikasi seringkali menjadi faktor kunci dalam sebuah hubungan pertemanan, apalagi hubungan tersebut dijalani dengan jarak yang jauh, bukan hanya pacaran saja yang LDR tetapi pertemanan juga ada, tidak jarang juga ini berakibat pada hilangnya hubungan pertemanan. Kuncinya adalah terus berkomunikasi, banyak cara dilakukan untuk tetap menjalin komunikasi yang baik, misalnya menelepon, berkirim pesan singkat, hingga memberikan jempol pada postingan teman di media sosialnya, hal ini akan membuat teman merasa diperhatikan dan dia akan tetap mengingat kita sebagai teman yang baik.

Mengenang Masa Lalu

Sebagian orang mungkin tidak akan suka mengenang masa lalu, entah karena masa lalu yang buruk atau karena tidak lagi penting untuk diingat. Tetapi dengan bercerita tentang masa lalu dan kenangan yang telah dilalui dengan teman akan membuat hubungan pertemanan semakin akrab. Tidak melulu harus menceritakan masa lalu yang indah tetapi hal-hal konyol yang pernah sama-sama dilakukan juga menarik untuk dibahas kembali. Dijamin gelak tawa keras ketika kita mengenang memori lama dengan seorang teman.

Saling Memaafkan

Tidak ada manusia yang luput dari kesalahan, bagian memaafkan adalah hal yang paling sulit walaupun kita tahu bahwa memberi maaf adalah tindakan yang mulia di mata Tuhan. Dalam sebuah hubungan pertemanan kita tidak dapat mengelakkan konflik yang terjadi sehingga kita merasa dirugikan oleh tindakan teman, kalau sudah begini bisa tidak komunikasi hingga beberapa hari, bulan, tahun bahkan tidak sama sekali.

Padahal jelas kita tahu bahwa semakin banyak silaturahmi maka akan semakin banyak rejeki yang mengalir. Mengalah adalah bagian sulit tetapi harus kita lakukan karena dengan hal tersebut kita menjadi pribadi yang lebih terhormat, tidak ada salahnya kita meminta maaf terlebih dahulu sekalipun kita merasa berat, biasanya ini dalam kasus dikhianati. Setelah suasana reda dan tenang, kita bisa dengan enak memulai kembali obrolan seperti biasa, bahkan akan terasa lebih akrab. Sekali dua kali konflik dalam sebuah pertemanan adalah bumbu lain yang seru dan harus dinikmati.

Demikian adalah beberap tips yang dapat pembaca coba untuk hubungan pertemanan yang lebih baik. Percayalah bahwa tidak ada teman memiliki niat yang buruk, jikapun ada yang berniat demikian kita juga harus percaya bahwa mereka akan kena batunya sendiri. Perbanyak berbuat baik untuk menghilangkan perilaku buruk karena hal baik dari teman adalah sesuatu yang paling sulit untuk dilupakan dan paling mudah untuk diingat. Selamat membaca.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang pemuda minangkabau untuk Indonesia

CLOSE