Dinding merupakan bagian bangunan yang akan menambah nilai estetika jika didesain dengan motif dan desain yang tepat. Agar dinding terlihat lebih menarik Anda bisa melapisinya dengan wall paper dinding yang bermotif dan memiliki sifat dekoratif.

Wallpaper sebenarnya merupakan kertas dinding, namun karena kebutuhan manusia yang semakin kompleks kini jenisnya semakin beragam. Ketika pertama kali diproduksi wallpaper dinding terbuat dari kertas. Seiring dengan kemajuan teknologi wallpaper dinding hadir dengan berbagai jenis bahan yang lebih modern dan menarik. Yuk simak bahan-bahan apa saja sih yang cocok untuk jadi bahan wallpaper:

Advertisement

Kertas

Jenis wallpaper dinding yang terbuat dari kertas pada dasarnya merupakan wallpaper yang berasal dari kertas biasa. Sehingga wallpaper dinding jenis ini mudah sobek, terutama ketika dalam proses pemasangannya. Wallpaper dinding dari kertas memiliki kelebihan yakni memilii kualitas corak yang menarik. Selain itu, detail gambar yang dimiliki juga sangat beraneka ragam.

Namun, wallpaper dinding dari kertas lebih mudah kotor dan sobek jika dibandingkan dengan jenis wallpaper lainnya. Hal ini karena kertas memiliki sifat menyerap noda dan kotoran. Sehingga wallpaper dinding dari kertas cocok dipasang di bidang dinding yang terlindungi, seperti belakang tempat tidur dan bidang lain yang bukan jalur sirkulasi udara.

Advertisement

Heavy Duty Paper

Jenis wallpaper dinding yang berikutnya adalah heavy duty paper. Wallpaper dinding jenis ini mulai dikembangkan pada abad XIX dengan mereknya yang sangat terkenal, yakni Lincrusta dan Anaglypta. Wallpaper jenis ini memiliki sifat yang kuat. Wallpaper yang memiliki jenis bahan heavy duty merupakan wall paper pertama yang bisa dibersihkan dengan menggunakan lap basah.

Wallpaper heavy duty memiliki motif yang timbul dan lapisan linen pada bagian belakangnya. Dikarenakan memiliki karakteristik yang tebal menjadikan wallpaper jenis ini memiliki keistimewaan, yakni dapat diberi lapisan cat. Sehingga Anda bisa mengubah warna dinding yang sudah dilapisi wall paper tanpa harus mengelupas ataupun membeli wallpaper baru.

Vinyl

Jenis wallpaper yang saat ini umum diproduksi merupakan wallpaper vinyl. Wallpaper vinyl memiliki banyak sekali keunggulan, antara lain tidak mudah sobek, tidak mudah kotor seperti terkena debu, noda minyak, dan juga cipratan air. Selain itu, wallpaper vinyl juga lebih bagus dalam hal ketahanan kelembaban jika dibandingkan dengan wallpaper kertas.

Wallpaper dinding jenis vinyl juga memiliki daya tahan yang dapat diandalkan karena lebih tahan lama. Sehingga, wallpaper jenis ini sangat sesuai dipasang pada semua ruang di rumah Anda, mulai dari ruang tamu, kamar tidur, ruang kerja, dapur, dan juga ruang keluarga. Vinyl juga dibedakan menjadi dua jenis, yakni vinyl yang dilapisi kertas dan yang dilapisi dengan kain.

Nah silahkan dipilih ya mau wallpaper yang berjenis apa. Semoga makin kece aja dinding rumahmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya