Kalau ngomongin bahagia pasti berhubungan dengan kata 'syukur' ya. Seberapa bahagianya kita ya tergantung dengan seberapa banyaknya kita beryukur. Alhamdulilah. Jadi, bersyukur dulu apa bahagia duluan nih? Bersyukur lah ya. Tapi mirisnya, udah tau itu kata sifat ngapain masih cari lewat kata benda? Syukuri sesuatu yang kita miliki maka akan bahagia. Bukan sibuk mengejar sesuatu yang kelihatannya akan membuat bahagia. Justru yang begitu belum tentu nyenengin. Semuanya bakal indah kalau kita menikmatinya dengan syukur, qona’ah dengan segala yang kita punya dan semua yang sedang kita alami. Toh, usaha nggak akan menghianati hasil kan. Gusti Allah udah ngejanjiin kebahagiaan untuk hambanya yang mau berusaha. Jangan nyerah aja itu kuncinya, sama berdoa sih. Kalau udah berdoa dan berusaha sisanya tugas Gusti Allah mau di seperti apakan hasil akhirnya.

Kalau berdoa juga yang istiqomah, jangan putus di tengah jalan. Siapa yang tau ketika kamu berhentiin doamu di tengah jalan itu sedikit lagi Allah udah mau ngabulin keinginan kamu. Tapi, karena kamu terlihat menyerah dengan nggak lagi berdoa ke Allah sehingga Allah tahan dulu keinginan kamu, Allah mau liat usaha kamu lagi. Eman kan, iyalah makanya jangan nyerah sampai apa yang diinginkan itu kamu dapatkan.

Advertisement

Allah maha baik kok, buaik buanget. Buktinya kita masih di kasih umur sampai hari ini, sampai detik ini, itu sebab apa kalau bukan karena Allah sayang sama kita. Allah nggak mau kita kembali tapi masih dalam keadaan belum baik masih dalam keadaan penuh dosa dan maksiat. Allah kasih kesempatan kita untuk memperbaiki diri, Allah tutup rapat aib-aib kita. Nggak ada alesan untuk nggak bersyukur, seperti apapun keadaannya semua adalah yang terbaik yang Allah kasih ke kamu.

Kalau pun Gusti Allah ngasih cobaan ke kita bukan maksud membuat hambanya menderita kan, itu justru bentuk sayangya ke kita. Allah mau kita lebih kuat, setelah ngelewatin rintangan itu Allah mau angkat derajat kita juga lewat cobaan itu. Semua rencana Nya adalah yang terbaik yang pernah ada. Walaupun mungkin kadang Allah memberikan sesuatu yang sama sekali tidak kita inginkan, ya karena Allah maha tau apa-apa yang lebih dibutuhkan hambanya dan mana yang akan membawa mudhorot untuk hambanya. Itu sebabnya kadang Allah tukar keinginan kita dengan sesuatu yang lain.

Tetapi juga nggak boleh berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Jadi, semangat terus yuk menggapai kebahagiaan yang sebenarnya. Allah selalu rindu dengan doa-doa kita. Tempat curhat paling damai dan menenangkan nggak ada lagi selain Allah. Mari saling mengingatkan karena manusia tempatnya salah dan khilaf. Semangat berbenah diri :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya