Pernah nggak kalian merasa minder? Pastinya pernah dong

Minder itu hal biasa yang dialami banyak orang yang ada di dunia, tetapi minder keseringan juga nggak baik lho apalagi jadi kebiasaan. Akibatnya banyak lho dari minder itu kayak susah bergaul, jadi pemalu, dan yang pasti kalian akan sulit mengekspresikan dan mengembangkan diri.

Advertisement

Berikut ini ada beberapa cara nih untuk menghilangkan rasa minder :

1. Kenali dan Cintai Diri Kalian

Via belajar.indonesiamengajar.org

Advertisement

Minder itu perasaan rendah diri yang menganggap bahwa diri sendiri tidak lebih baik dari orang lain atau menganggap orang lain lebih baik dari diri sendiri. Perasaan ini biasanya lumrah terjadi apabila kalian berjumpa teman atau orang yang mungkin memiliki kelebihan seperti ganteng/cantik, kaya, berbakat, dan lain-lain.

Kalau kalian pernah mengalami hal seperti cepat kalian coba merenung apakah kalian pantas merasa merendahkan diri kalian hanya karena hal tersebut. Kalian nggak perlu merasa minder, setiap masing-masing orang dibekali kelebihan dan kekurangan hanya saja kalian belum menemukan potensi kalian dan cenderung berfokus pada kekurangan kalian. Mereka yang terlihat menarik dibanding kalian sebenarnya memiliki kekurangan juga lho..

Hanya saja mereka bisa menonjolkan kelebihan dan menutupi kekurangan mereka di depan umum. So, jangan minder ya! Asah kelebihan kalian, tutupin dan perbaiki kekurangan kalian.

2. Kembangkan Bakat dan Potensi

Cristiano Ronaldo via goal.com

Kalian harus percaya setiap manusia dilahirkan dengan kelebihan dan keunikan masing-masing. Ada yang dibekali IQ tinggi dan cerdas kayak Einstein, Jago akting macam Brad Pitt, dan mungkin lihai gocek bola seperti Ronaldo. Mereka terlihat hebat karena mengembangkan bakat yang mereka kenali dan terus mengasahnya. Dan yang pasti walaupun hebat mereka juga manusia biasa lho…

Mereka hebat di bidangnya masing-masing. Kalian pernah kepikiran nggak bagaimana kalo Ronaldo ngerjain soal matematika aljabar atau Einstein main voli ? Belum tentu mereka dapat melakukannya. So kalo kalian ketemu orang yang hebat dalam akademik, olahraga, atau yang lainnya jangan sampai kita jadi down, ingat manusia memiliki kelebihan masing-masing.

Buat yang kepengen hebat juga coba deh mulai explore diri kalian misalnya kalo yang suka bola bisa ikut tim bola dan asah skill main bolanya, ada yang hobi seni mungkin bisa juga ikut club melukis atau musik untuk belajar dan sekalian meningkatkan kemampuan kalian.

3. Perbanyak Teman dan Lingkungan Sosial

Lingkungan Sosial via Kompas.com

Perasaan minder akan membuat kita menjadi pemalu dan mungkin menutup diri kita dengan lingkungan pergaulan. Padahal bergaul itu penting, misalnya kalo kita minder, malu, merasa rendah, dan akhirnya tidak mau bersosialisasi dengan kelompok lingkungan gara-gara kita berpikiran negatif akan diremehkan, dipandang sebelah mata, dan merasa tidak pantas berada di lingkungan tersebut kita akan rugi besar.

Lingkungan sosial menjadi ajang aktualisasi diri kita dan membuat orang lain mengenali diri kita. Misalnya kalian memiliki keahlian memasak dan kalian menutup diri, bagaimana mereka bisa tahu apabila kalian jago memasak. Padahal kalo mereka tahu kalian bisa memasak, yang pertama meningkatkan status diri kalian sebagai ahli masak dan mungkin juga kalian bisa ketiban rezeki dapat job pesanan masak terus lama-lama kalian juga bisa bikin usaha kuliner.

Jadi mulai saat ini kalian harus buang jauh-jauh rasa minder tersebut, nggak ada untungnya juga buat kalian. Minder itu akibat pikiran negatif kalian yang merasa diri kalian tidak istimewa dibanding orang lain, padahal sebenarnya kalian punya potensi yang sama dan bahkan bisa melebihi orang yang kalian anggap lebih dibanding diri kalian.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya