Indonesia telah merdeka 73 tahun yang lalu. Bukan perkara mudah untuk mendapatkan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Penjajahan yang terjadi berabad-abad membawa banyak sekali perubahan. Kemerdekaan sejatinya merupakan sebuah tujuan sekaligus imbalan dari segala upaya yang telah dilakukan oleh pejuang-pejuang.

Tentara Indonesia, tokoh-tokoh besar yang menginginkan kemerdekaan, dan tentunya seluruh rakyat Indonesia yang ikut serta berjuang melawan penjajah. Mereka bersatu dan menyamakan tujuan mereka untuk bersama-sama mencari cara untuk melawan penjajah dan membuat penjajah meninggalkan negara Indonesia sehingga kondisi Indonesia akan lebih aman pada akhirnya.

Advertisement

Segala bentuk upaya para pejuang tersebut adalah bentuk dari bela negara yang dilakukan pada masa sebelum kemerdekaan hingga Indonesia merdeka. Dengan semangat juang yang tinggi, mereka menyumbangkan pikiran dan tenaga demi terwujudnya negara yang merdeka, aman, dan sejahtera.

Jika pada masa penjajahan, bela negara dapat diwujudkan dalam keikutsertaan dalam perang atau kegiatan-kegiatan perjuangan lain, bagaimana bentuk upaya bela negara pada masa kini?

Bela negara merupakan kewajiban seluruh warga negara Indonesia. Seperti dituliskan dalam UUD 1945 pasal 27 ayat 3 "setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara". Sehingga sudah seharusnya tiap-tiap warga Indonesia melakukan upaya bela negara. Kita yang hidup di masa sekarang ini, seharusnya merasa beruntung karena dapat hidup dalam keadaan aman dan nyaman dari gangguan-gangguan penjajah, berbeda dengan keadaan sebelum kemerdekaan. Bentuk upaya bela negara yang dapat dilakukan di masa sekarang ini sangat banyak, seperti:

Advertisement

Ikut membantu keamanan lingkungan

Bentuk kegiatan yang dapat dilakukan adalah tidak bertindak anarkis atau tindakan lain yang merugikan seperti mencuri dan menaati peraturan yang ada. Selain itu, bisa juga dengan ikut dalam kegiatan siskamling atau ronda yang diadakan oleh lingkungan tempat tinggal. Upaya bela negara biasanya identik dengan keamanan yang dilakukan oleh militer, sebagai warga sipil hal sederhana tersebut juga dapat diterapkan.

Pendidikan Kewarganegaraan

Menuntut ilmu juga merupakan salah satu bentuk bela negara. Terutama dalam pelajaran kenegaraan. Salah satunya yang pasti didapatkan dalam segala jenjang pendidikan adalah pendidikan kewarganegaraan. Pendidikan kewarganegaraan akan memberikan pengetahuan-pengetahuan tentang negara, bagaimana seharusnya warga negara bersikap, bagaimana sistematika sebuah negara, hingga masalah-masalah yang ada dalam bernegara. Pengetahuan-pengetahuan tersebut tidak lain didasarkan pada dasar negara Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Menumbuhkan sikap cinta tanah air

Sikap cinta tanah air seseorang dengan orang lain pasti berbeda-beda. Namun, sebagai warga negara yang baik sikap cinta tanah air perlu ditumbuhkan dan dipertahankan. Salah satunya adalah dengan mencintai produk-produk lokal, tetap melestarikan budaya-budaya yang ada di Indonesia, dan tidak melakukan tidnakan-tindakan yang mampu memecah belah bangsa.

Tindakan-tindakan di atas hanya beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam bela negara. Bela negara merupakan suatu tidnakan yang menunjukkan kecintaan terhadap tanah air, sehingga perwujudannya tidak harus melalui kegiatan militer.

Bela negara juga merupakan salah satu wujud dari menjaga persatuan dan kesatuan, atas dasar hal tersebut sudah sepantasnya kita mengupayakan sebaik mungkin untuk melakukan bela negara demi menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga rasa nasionalisme di dalam diri kita pada era modern seperti saat ini. -Sella-

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya