Ini cara belajarku, semoga kamu juga bisa menerapkannya. Tulisan kali ini aku tujukan untuk kalian yang kini duduk di bangku kelas dua belas, atau kalian yang masih berstatus sebagai seorang pelajar. Melalui tulisan sederhana ini, aku hanya ingin membagi beberapa cara belajarku pada kalian.

1. Menjadikan materi bahan pembelajaran sebagai sebuah lagu

Advertisement

Aku adalah salah seorang yang amat sangat mudah menghafal lirik lagu, aku bisa mengingatnya hanya dalam beberapa waktu. Dari situ aku mulai berfikir, jika lagu saja bisa aku hafal dengan cepat, mengapa materi bahan belajar tidak? Aku ringkas materi sesingkat mungkin, aku hanya mengambil beberapa poin penting saja, lalu–jika masalah nada, aku ambil nadanya dari beberapa lagu favoritku, setelah itu aku rekam. Aku dengarkan rekaman itu saat waktu luang, sesekali aku dengarkan juga sembari membaca materinya.

2. Melihat kunci jawaban, juga pembahasan

Eits..! Jangan nethink dulu, karena bukan mencontek yang aku maksud di sini. Maksudku adalah saat aku tak mengerti, tak paham akan soal Matematika, Fisika, atau Kimia biasanya cara terbaik yang aku lakukan adalah melihat pembahasan. Aku salin pembahasan yang ada dalam buku, aku pahami perlahan, aku pelajari bagaimana cara mengerjakannya, dan tipe soal seperti apa itu.

Advertisement

3. Menghafal dengan menulis

Selain menjadikan materi sebagai sebuah lagu, menghafal sembari menyalin adalah pilihan yang tepat bagiku. Dengan menyalin tanpa sadar aku telah membaca sembari memahami materi, dengan begitu materi akan lebih mudah dihafal. Biasanya aku gunakan cara ini untuk mata pelajaran Sejarah dan Sosiologi.

4. Diskusi

Diskusi adalah salah satu cara belajar yang aku terapkan. Biasanya aku senang mendiskusikan berbagai macam hal dengan guru lesku, dengan diskusi aku lebih mudah mengingat.

Itulah beberapa cara belajarku, cara belajar yang cukup efektif menurutku. Apapun cara belajar kalian, lakukanlah cara belajar yang menyenangkan agar kalian juga menjalaninya dengan senang hati. Dengan hati yang senang maka materi pembelajaran akan lebih mudah kalian pelajari. Belajar bukan lagi hal membosankan bila kalian telah menemukan cara belajar kalian sendiri. Cara belajar yang nyaman akan lebih efektif. Belajar dengan hati membuat apa yang kalian pelajari akan lebih mudah untuk di mengerti.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya