Pada dasarnya setiap manusia adalah seorang pendidik dan pelajar antara satu dengan yang lainnya. Namun, bagaimana dengan kamu yang merupakan guru baru atau mungkin ingin menjadi guru?

Ada beberapa hal yang harus kamu perharikan ketika sedang menyampaikan pelajaran kepada siswa sebagai kesadaran akan tanggung jawab sebagai guru untuk mencerdaskan peserta didik serta

Berikut beberapa ulasan apa saja yang harus dilakukan oleh seorang guru:

1. Kuasai materi

Seorang guru wajib menguasai materi pelajaran karena guru merupakan salah satu sumber belajar siswa dimana mereka akan mendapatkan ilmu darinya. Oleh karena itu seorang guru pun dituntut untuk banyak membaca berbagai sumber belajar baik itu dari buku ataupun lainnya agar pengembangan ilmu para murid tidak terbatas pada buku pelajaran mereka.

Advertisement

Persiapkan juga mentalmu karena para murid sekarang lebih kritis daripada saat kita sekolah dulu.

2. Pilih metode pembelajaran yang tepat

Kita harus menyadari bahwa zaman itu akan terus berkembang. Nah sekarang bukan lagi zamannya "teacher center", melainkan "student center" dimana para siswa dituntut aktif dalam pembelajaran, sedangkan guru disini sebagai fasilitator ataupun mediator serta controler. Dengan keadaan seperti itu, guru pun harus memiliki metode yang tepat di dalam menyampaikan pelajaran sehingga ilmu dapat tersampaikan dengan maksimal.

Ada beberapa metode pembelajaran yang mungkin bisa digunakan oleh guru sesuai dengan materi pelajarannya seperti jigsaw, inquiri, problem solving, dll.

3. Perhatikan SK, KD dan indikator sesuai karakteristik siswa

Hal ini perlu kamu lakukan agar peembelajaran tersampaikan dengan maksimal. Ingatlah !! Yang lebih mengetahui karakteristik siswa adalah guru, sehingga disini guru diberi keleluasaan dalam mengembangkan indikator yanh kamu tuangkan dalam RPP. Oleh Karena itu, kembangkan RPP tersebut sesuai karakteristik siswa.

Hal sederhana yang mungkin dapat kamu lakukan adalah dengan mempelajari berbagai teori psikologi dan menerapkannya kepada siswa agar mereka menyadari kemampuannya.

4. Menyampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh mereka.

Salah satu fungsi guru adalah menyampaikan sesuatu yang sulit dimengerti menjadi mudah dimengerti oleh siswa dengan berbagai penjelasan dan disertai contoh-contoh.

Seorang guru perlu untuk menjelaskan dengan disertai contoh karena jika seorang anak tidak mengerti penjelasan kita, diharapkan mereka mengerti dari contoh yang kita berikan. Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti oleh mereka, jikapun hatus menggunakan bahasa yang sulit, maka jelaskan terlebih dahulu maksudnya.

5. Gunakan media semenarik mungkin

Ketahuilah, membuat media yang menarik ketika menyampaikan kepada murid secara tak langsung akan membuat mereka lebih fokus. Oleh karena itu, hindarilah penggunaan media yang monoton dan kurang menarik. Sesekali perlu juga diberikan motivasi dan penguatan kepada siswa.

6. Kaitkan materi dengan berbagai macam perspektik yang sesuai

Agar materi terlihat lebih luas dan mendalam, seorang guru harus mampu mengintegrasikan materi tersebut dengan berbagai macam perspektif seperti normatif, sosiologis, sejarah, budaya dll.

Kamu pun juga dapat mengintegrasikan materi tersebut dengan pelajaran tertentu seperti geografi mengenai barang tambang dengan ayat Al-Qur'an mengenai larangan berbuat kerusakan dimuka bumi. Maka dengan hal itu, mereka akan mengambil banyak hikmah dari pelajaran tersebut. Hal itu pun menjadi salah satu indikator kita sebagai guru bahwa kita memiliki keluasan ilmu dalam mengajar.

Sebenarnya masih banyak lagi yang dapat dilakukan oleh para guru seperti cara mereka membuat siswa menjadi tertarik dengan mata pelajarannya dan masih banyak lagi lainnya. Oleh Karena itu, pupuklah tanggung jawabmu sebagai guru professional dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa.