Waktu dan tugas. Terkadang kita sering berpikir bahwa waktu yang kita miliki dalam 24 jam terasa habis dengan cepat dan tugas yang harus dikerjakan sangatlah banyak. Mungkin terkadang kita sangat berharap bahwa kita dapat memperpanjang waktu dan juga mendapatkan bantuan dari Tuhan untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Tetapi, hal-hal tersebut sangatlah mustahil, tidak bisa dan tidak akan terjadi sampai kapanpun. Kita tetap harus bisa mengatasi, mengerjakan, dan mengumpulkan tugas-tugas kita tepat waktu.

Di sekolah Highscope Indonesia, siswa diberikan kebebasan untuk memilih pelajaran yang mereka inginkan. Karena diberikan kebebasan untuk memilih, seharusnya siswa-siswa lebih pintar dan bijak dalam memilih pelajaran yang akan mereka ambil. Pelajaran yang akan mereka ambil harusnya sesuai dengan kemampuan dan waktu yang mereka miliki. Virtual Enterprise merupakan pelajaran yang sangat akan menyita waktu kita. Memilih pelajaran tersebut, membutuhkan komitmen yang sangat tinggi, ketekunan, dan kesabaran yang tinggi.

Advertisement


Pelajaran ini bukanlah hanya sekedar pelajaran yang gampang seperti pelajaran lain pada umumnya, tetapi pelajaran ini memutuhkan kesabaran dan kita harus siap untuk mengorbankan waktu main kita pada akhir pekan, maupun waktu luang kita sepulang sekolah.


Virtual Enterprise atau yang sering disebut dengan VE ini merupakan pelajaran satu tahun yang biasanya diambil siswa jurusan IPS yang tidak mau menggambil pelajaran ekonomi, dan accounting, dan harus lulus dari pelajaran Small Business Management (SBM). Tetapi, banyak siswa jurusan IPA yang memiliki keinginan untuk mempelajari bisnis juga mengambil pelajaran ini. Di pelajaran ini, kita diajarkan untuk mendirikan suatu bisnis start-up. Siswa yang mengambil pelajaran ini juga akan melamar ke perusahaan mereka, dan juga memilih posisi yang mereka inginkan layaknya seperti orang kerja kantoran biasanya.

Harus diingat lagi sebelum mengambil pelajaran ini, bahwa pelajaran ini sangat menyita waktu kita, dan jangan sia-siakan pelajaran ini jika sudah diambil. Pelajaran ini memberikan sangat banyak pelajaran bagi kita terlebih pelajaran yang dapat kita aplikasikan di kehidupan kerja kita nanti kedepannya. Nah, jika sudah terlanjur mengambil pelajaran ini, adakah cara untuk lulus dari pelajaran ini? Tentu saja ada!

Advertisement

Pertama, kalian harus pintar-pintar dalam membagi waktu. Bijaklah dengan waktu. Karena, percayalah, dari 24 jam yang kalian miliki dalam satu hari, akan berjalan sangat cepat. Kerjaan dari pelajaran ini saja sudah sangat banyak yang harus dikerjakan, belum lagi tugas-tugas sekolah dari pelajaran lainnya. Buatlah prioritas, dengan membuat prioritas pekerjaan yang harus dikerjakan, bisa lebih mudah untuk kita mengerjakan tugas-tugas yang harus kita kerjakan.

Kedua, kerjakan semua tugas jauh-jauh hari sebelum batas pengumpulannya. Menunda-nunda mengerjakan tugas selalu akan membuahkan masalah pada akhirnya, apalagi mengambil pelajaran VE juga. Udah tugas sekolah setumpuk, tugas VE juga ga kalah setumpuknya, lho! Jadi, kalau baru dikasih tugas sama guru, dan batas pengumpulannya masih lama, mending jangan ditunda deh! Mending masih punya waktu lebih nanti di depannya, siapa tahu malah bisa dipake buat istirahat waktunya.

Ketiga, persiapkan mental dan kesehatan yang baik. Mental dan kesehatan sangat penting di pelajaran VE ini. Jika daya tahan tubuh dan kesehatan kita lemah, bisa-bisa kita tidak sanggup untuk mengerjakan tugas-tugas kita. Tidak hanya kesehatan dan daya tahan tubuh, tetapi kita juga harus siap mental. Mungkin bagi beberapa orang, melihat angka-angka dan tugas-tugas yang sangat banyak saja sudah membuat mereka stress. Baru melihat saja lho, belum lagi mengerjakannya. Apalagi di departemen finance.


Angka, tabel, grafik, revisi sudah makanan sehari-hari. Jika mental kita tidak kuat dari awalnya, maka kita tidak akan sanggup untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut.


Keempat, persiapkan diri untuk tidur pagi, ataupun tidak tidur sama sekali. Tidur pagi? Nggak tidur? Seharusnya udah biasa dong. Tapi, kali ini tidur paginya atau nggak tidurnya bukan untuk main-main, lho. Melainkan untuk mengerjakan tugas-tugas. Kita harus siap untuk mengerjakan tugas sampai pagi ataupun sampai tidak tidur, dan keesokan harinya kita harus siap juga untuk pergi ke sekolah lagi, dan memulai hari yang baru lagi, dan pastinya bakal ketemu sama tugas-tugas yang baru lagi, dong pastinya.

Kelima, kalau udah terlanjur stress, semuanya dibawa fun aja. Harus diceritain kalau lagi stress. Cerita ke orang tua, teman, atau pun Pak Rama juga bisa diajak curhat waktu kita lagi stress, lho! Pokoknya, kelas VE, dan pelajaran VE bisa jadi rumah kedua, dan keluarga kedua. Mereka akan selalu ada disana, dimana saat kita membutuhkan mereka ataupun tidak. Mereka juga akan selalu mensupport semua pilihan dan keinginan kita. Yang pasti, kita harus komunikasi yang baik aja sama mereka, apalagi kalau sudah stress.


Terkadang, yang kita butuhkan hanyalah sebuah masukan dan menceritakan apa yang kita rasakan kepada orang yang kita percayai.


Terakhir, mungkin cara ini tidak baik untuk dicontoh. Tetapi, percayalah sekali-sekali kamu harus melakukan ini agar kalian nggak stress! Cabut? Boleh, dong sekali- sekali. Pelajaran pagi biasanya bakal jadi korban dari pelajaran VE ini. Tapi, kalau sampai ketauan Pak Rama bisa berabe juga dan dimarahin. Biasanya, kalau emang lagi capek banget, datang cuman pas pelajaran VE doang, nggak kuat lagi harus masuk pelajaran pagi, cara lainnya sih, paling bisa curi-curi tidur di beberapa pelajaran yang gabut.

Capek? Sudah pasti capek! Nggak mungkin nggak capek. Tapi, ngambil pelajaran ini itu totally worth it banget, lho! Pasti nggak sia-sia deh! Mungkin awalnya bakal mikir “Kenapa ngambil pelajaran ini?”, tapi di akhirnya pasti bakal bangga banget dan juga seneng banget. Ngejalanin pelaajran ini, seharusnya harus dibawa fun aja. Karena di akhirnya, secara tidak langsung dan tanpa kita sadari juga, pelajaran ini ngasih banyak persiapan banget untuk kita menghadapi penat dan situasi lingkungan kerja yang akan kita hadapi saat kita sudah kerja nantinya. Yang pasti, benefit dari mengambil pelajaran ini banyak, dan tidak ada ruginya untuk kita.


Kita pasti bakal lebih siap dari orang lain pada saat mau kerja, karena udah pernah ngerasain rasanya suka dan dukanya kerja di suatu perusahaan.


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya