Ada satu masa dimana cewek bakalan lebih sensitif dan juga mengalami mood yang berubah-ubah dan hal ini terjadi ketika PMS (Premenstrual Syndrome). Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa perubahan mood ini memang dipengaruhi oleh hormon esterogen. Ternyata hasil penelitian terbaru dari Universitas California, Amerika Serikat mengungkapkan jika penyebab suasana hati tidak stabil terjadi karena respon otak yang mengalami penigkatan. Respon pada otak ini disebut reseptor GABA. Sebenarnya GABA pada otak memiliki fungsi untuk membatasi aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan kecemasan dan stres.

Dan saat menstruasi hormon progesteron akan mengubah bentuk reseptor GABA pada otak kecil dan perubahan inilah yang membuat sel GABAH mengalami kesulitan mengontrol perasaan stres dan juga cemas. Itu sebabnya ketika cewek sedang menstruasi maka tingkat kehororan cewek bakalan bertambah. Bahkan ketika dia nabrak pohon pun, pohonnya yang bakalan minta maaf. Apalagi kalau sampai debat dan bad mood sama cowok, sudah dipastikan perang dunia ke -3 terjadi.

Untuk kita kaum sesama cewek mungkin kita masih bisa memahaminya. Dan mau ngertiin perubahan sikap yang dialami teman wanita kita yang sedang mentruasi. Tetapi bagai kaum cowok, hal ini tentu horor. Cewek yang lagi PMS itu ibarat hutan dengan area berbahaya. Harus hati-hati! Karena selain sensitif, pasal bahwa cewek selalu benar berlaku disini. Jika kaum cowok nggak mau sabar sudah dipastikan yang ada kalian bakalan berantem.

Nggak apa-apa ya kaum adam, cewek memang begini. Emosi yang berubah-ubah serta badan terasa cepat lelah saat mentruasi memang menjadi salah satu tantangan. Belum lagi ketika nyeri haid datang itu bisa bikin berlinang air mati dan perut melintir karena sakitnya luar biasa, belum lagi mood yang naik turun nggak karuan dan perasaan yang lebih sensitif. Kalian pun jika diminta buat gantiin posisi cewek yang lagi PMS pun belum tentu sanggup. Jadi hadapi saja penuh kesabarab dan perbanyak istighfar ya.

Nanti kalau PMS udah kelar, kita kaum cewek bakalan merasa malu dan konyol sendiri kalau ingat sikap kita yang kadang marah-marah nggak jelas dan sensitif. Memang bukan mitos jika cowok harus banyak-banyak bersabar ya. Kalian nanti juga bakalan punya istri, anggap saja ini proses pembelajaran buat kalian. Muehehehe.