Di zaman ini banyak orang yang menyalah gunaakan internet hanya untuk mendapatkan followers atau pengunjung website. Mereka belum bijak dan berpikir dalam penggunaannya. Apalagi di zaman milenial ini banyak sekali pengguna dikalangan anak-anak, remaja hingga lansia.

Bagaimana kalau mereka mendapatkan informasi yang tidak sesuai fakta dan apa akibat yang akan timbul setelahnya. Ini harus di pikirkan oleh penyedia informasi. Ini di khawatirkan akan timbul dampak negatif pada mereka. Belum lagi sekarang banyak media sosial yang menyediakan informasi seperti WhatApps, Youtube, Instagram, Twitter dan lain-lain. Betapa mudahnya seseorang dapat mengakses itu semua.

Advertisement

Khususnya berita hoax yang sekarang ini lagi marak-maraknya diperbincangkan. Dengan mudahnya berita itu bisa tersebar luas hanya dengan beberapa tekanan jari. Berita hoax tidak hanya berwujud tulisan, bahkan video pun bisa, misalnya editan seseorang yang melebih lebihkan maksut dalam foto atau video yang tidak tahu kebenarannya. Mereka hanya beropini apa yang ada dalam pikirannya tentang video atau foto yang mereka amati.

Dalam bentuk tulisan misalnya, ada suatu berita yang tersebar ke WhatApps dan dengan cepatnya berita itu tersebar. Masih banyak lagi kasus-kasus berita hoax yang tersebar di penjuru negeri khususnya negeri kita. Dengan demikian kita harus waspada dengan beredarnya berita-berita yang sedang marak diperbincangkan

Nah, kita sebagai penikmat dan pengguna internet yang bijak harus berhati-hati dalam menerima berita jangan hanya diterima mentah-mentah. Oleh karena itu, kita harus mencari kebenaran dengan cara mengorek-orek faktanya, dengan itu kita bisa dapat wawasan dan info-info baru yang belum kita temui sebelumnya. Selain itu, kita harus teliti dalam mencari informasi.

Advertisement

Carilah dari sumber-sumber yang terpercaya. Ketika kita mendapatkan berita, jangan mudah langsung menyebarkannya, pikirlah dengan kedewasaan apakah berita itu benar atau tidak. Kita juga harus hati-hati terhadap judul-judul yang provokasi. Memang cara-cara ini susah-susah mudah untuk menjalankan. Tapi, mau gimana lagi demi menyelamatkan teman-teman dan saudara-saudara kita.

Sebenarnya, media sosial dimanfaatkan sebagai alat sosialisasi dan interaksi secara positif. Tapi, banyak orang yang menyalahgunakannya. Tapi, pemerintah kita juga sudah berupaya untuk menghindari berita-berita hoax dengan menyusun undang-undang yang berisikan sanksi bagi mereka yang menyebarkan konten-konten negatif di internet. Jadi, kita sebagai pengguna internet khususnya media sosial marilah bijak berinternet dan bersosial media.

Terimakasih telah membaca opini yang saya paparkan di atas. Saya mengambil itu semua dari apa yang sedang trend sekarang dan pengalaman saya. Kurang lebihnya mohon maaf, saya hanya manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan 🙂 .

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya