Hanya karena ia selalu kembali dan melekat padamu, bukan berarti ia tak akan pernah pergi. Suatu saat nanti, ketika ia benar-benar lelah akan dirimu yang tak pernah menghargai keberadaannya dan terus mendorongnya pergi, ia akan pergi. Kau mungkin mengira ia akan kembali saat kau memanggilnya kembali seperti kali sebelumnya. Tapi ketika ia tak lagi ingin kembali meski kau memohon, saat itu kau akan menyadari betapa berartinya sosok itu bagimu. Hingga saat itu tiba, semua sudah terlambat untuk diputar kembali.

"Things always come when you dont want it anymore."

Kau pasti pernah mendengar kata bijak satu ini ‘kan? Tentunya kau juga pernah mengalaminya bukan? Berarti kau tahu bagaimana rasanya saat sesuatu yang kau inginkan selama ini datang pada saat kau tidak menginginkannya lagi. Entah itu karena kau telah menemukan penggantinya atau memang sudah tidak memerlukannya, kau tidak mau menerimanya lagi. Jadi jangan sampai dirimu menjadi "sesuatu" yang tak lagi diinginkan baginya, ya, dia yang kau sayang.

Oleh karena itu, hargailah keberadaannya selagi ia masih berada di sisimu, selagi ia menginginkanmu, selagi ia melihatmu sebagai sosok yang dibutuhkan, sosok yang melengkapi hidupnya. Berhentilah bersikap seolah hanya dirinya yang membutuhkanmu, sedangkan kau tidak. Berhentilah mengabaikannya di saat ia berusaha membuatmu kagum dan bangga, apa lagi bersikap remeh. Bahkan jika kau bukan spesies manusia yang suka memuji, coba berilah ia sedikit pujian pada moment tertentu. Tidak perlu berlebihan, cukup katakan bagaimana pendapatmu dan berikan saranmu bila ia masih belum cukup handal. Hanya karena kalian memiliki status hubungan bukan berarti orang lain tidak bisa melakukannya. Lakukanlah hal-hal yang memang seharusnya dilakukan untuknya sebelum orang lain mendahuluimu.

Tidak peduli apakah itu wanita atau pria, keduanya tetap tidak memahami kode sepenuhnya. Ada kalanya mereka kebingungan menerjemahkan petunjuk, apa lagi jika tidak diberi petunjuk sama sekali. Ia tak kan tahu jika kau tidak mengatakannya. Jadi jangan hanya diam saja dan berharap ia akan memahami perasaanmu. Dan jangan mengumbar kata setia sebagai tameng, karena setiap orang pasti akan memilih sosok yang membuatnya nyaman dan merasa dihargai.

Advertisement

Kau jelas tahu bahwa di dunia ini tidak ada yang benar-benar milikmu, jadi hargai segala yang kau miliki saat ini, termasuk dirinya.