Hidup hemat, memang kita perlukan dalam kehidupan,terlebih lagi jika kita menjadi seorang mahasiswa. Banyak hal yang harus kita pikirkan, memilah mana yang penting dan tidak, apalagi jika jarak rumah jauh dari kampus kita harus mengontrol keuangan sendiri dan belajar mandiri.

Menghemat uang bulanan memang bisa kita lakukan dengan mengendalikan diri terhadap pemenuhan hobi berbelanja seperti perempuan misalnya mereka sering membelanjakan uangnya untuk membeli barang-barang yang mungkin mereka tidak butuhkanmisalnya baju ,sepatu, tas, dompet, jam tangan dll, jika cowok mungkin hanya menjajakan uang bulannya dengan membeli rokok.

Mengatur keuangan sangatlah susah bagi anak kost, mereka harus membagi uang jajan, uang makan, uang untuk membayar kost dan membayar uang semester ditaambah lagi dengan peralatan sekolah misalnya membeli bolpoint, buku dan tugas tambahan dari dosen adalah pengeluaran yang tak terduka, mulai dari situlah kita harus pandai dalam mengontrol uang kita dan bisa menabung dari uang bulanan meskipun sedikit. Serta tetap menjaga makanan sehat misalnya tetap mengkonsumsi sayur dalam seharinya.

Sebagai mahasiswa kita harus paandai mengatur keuangan, kita tidak hanya megandalkan uang bulanan dari orang tua, kita juga bisa bekerja sampingan yang tidak menganggu waktu kuliah contohnya berjualan online shops yang kerjanya hanya memposting gambar dan membalas chat dari costumer dan mengirimkan barangkan barang melalui jasa pengantar barang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya