Setiap hari, meninggalkan keluarganya, agar dapat uang untuk mendukung keluarganya. Menghitung nomor, analisa data, membuat grafik, baca laporan, observasi usahanya. Orang-orang dalam bidang bisnis juga mempunyai kehidupan yang lumayan sulit. Mereka jarang melihat keluarganya untuk waktu yang lama, dan setiap hari harus bekerja dibawah atasan yang biasanya kasar. Apa lagi fakta yang jika mereka tidak dapat mendapat hasil kerjaan yang baik, mereka dapat gagal sebagai pengusaha. Banyak orang dapat menjadi pengusaha, tetapi sedikit yang dapat menjadi pengusaha yang sangat baik.

Salah satu orang tersebut adalah Rio Kondo (58), sebuah pengusaha yang bekerja sebagai Vice President of Development di Accor S.A. (AccorHotels). AccorHotels adalah grup hotel multinasional berbasis di Prancis, dan bagian dari indeks CAC 40 (sebuah patokan indeks pasar saham Prancis dan merupakan ukuran tertimbang kapitalisasi dari 40 nilai paling signifikan di antara 100 pasar tertinggi di Euronext Paris), yang beroperasi di 95 negara.

Advertisement

Rio Kondo sudah bekerja di dalam bidang bisnis untuk 33 tahun, sejak 1985, dan beliau menyebutkan bahwa dia sudah ingin bekerja di dalam bidang bisnis sejak remaja dan dia mulai menyukainya “Karena dulu dua-dua orangtua (saya) juga pengusaha/bekerja dalam bidang bisnis.” Oleh karena itu, beliau merasa mempunyai kewajiban untuk mengikutinya (tetapi beliau juga mempunyai minat sendiri).

Dari 33 tahun dia bekerja dalam bidang bisnis, dia menyebutkan bahwa dia puas dengannya “Karena sangat menarik dan saya mempunyai minat untuknya. Saya menyukainya, dan karena itu, saya dapat bekerja dengan bagus, saya juga mendapat kesempatan bertemu dengan banyak orang yang menarik.”

Menjadi pengusaha itu tidak segampang yang anda dapat memikirkan. Rio Kondo mengatakan bahwa “Dulu, saya pikir bahwa menjadi pengusaha akan menjadi lumayan gampang, tetapi, saat saya sudah bekerja dan berpengalaman, saya sadar bahwa sangat susah dari pada yang saya memikirkan sebelumnya.”

Advertisement


Jika anda beneran mempunyai minat dan kemauan untuk bekerja di bidang bisnis, anda dapat menjadi pengusaha sukses. Tetapi, selain itu, juga harus mentahui cara berbicara dan komunikasi yang benar agar mendapat kesempatan dan peluang untuk menjadi sukses.


Gabungan dari hal-hal/faktor tersebut, anda akan menjadi pengusaha yang sukses, dan dapat naik di dunia bisnis. Rio Kondo bekerja dengan keras dan bukan hanya mendapat kesempatan, tetapi dia membuat kesempatan sendiri dengan kerjaannya agar bisa maju/naik di dunia bisnis. Karena dia mencintai, tertarik, dan mempunyai minat beneran kepada pekerjaannya (dan ke bidang bisnis), dia dapat menjadi sukses dan mempunyai hidup yang dia bisa membilang bahwa dia puas dengan.

Tetapi, tidak harus sukses untuk puas atau gembira, yang penting itu adalah anda menyukai apa yang anda melakukan, anda akan gembira dan anda akan tetap mencoba untuk maju dan akan menjadi gembira.


“Kesenangan dalam pekerjaan menempatkan kesempurnaan dalam pekerjaan” -Aristotle


Itulah salah satu kunci untuk sukses.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya