Kecanggihan teknologi dari tahun ke tahun semakin berkembang dengan sangat pesat. Perubahan yang semakin canggih ini memberi banyak pengaruh terhadap kehidupan di muka bumi ini. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi sumber munculnya internet.

Masyarakat menyadari bahwa saat ini internet telah menjadi sarana komunikasi yang sangat akrab dengan kehidupan sehari-harinya. Internet yang merupakan salah satu dari berjuta juta banyaknya kecanggihan dari teknologi berbasis informasi. Internet telah memberikan kemudahan untuk mengakses segala sesuatu dengan cepat dan mudah.

Advertisement

Di zaman millenial ini pengguna terbesar dari internet adalah para remaja, karena pada fase remaja ini mereka lebih mudah terpengaruh dan tertarik dengan hal baru dan sesuatu yang sedang viral di media sosial. Seperti halnya sekarang yang viral dan banyak diminati oleh anak muda adalah aplikasi game online. Namun itu juga tergantung pada jaringan internetnya, jika internet lancar maka mereka bermain pun dengan sesuka hati terkadang sampai lupa waktu.

Penggunaan internet pada masa kini tidak hanya sebagai sarana untuk mencari informasi tetapi juga sebagai sarana untuk bermain dan belajar. Beberapa perusahaan yang menyediakan jasa layanan internet sudah mulai beragam sehingga internet tidak sulit lagi untuk diakses.

Hebatnya lagi, untuk mengakses internet pada era masa kini tidak hanya bisa dilakukan dikomputer saja melainkan Handphone atau telepon selular juga sudah menyediakan layanan internet jadi seluruh masyarakat dapat menikmati layanan internet dimanapun dan kapanpun juga.

Advertisement

Mayoritas dari masyarakat menggunakan internet untuk mengakses berbagai jejaring media sosial. Apa itu media sosial? Media sosial adalah media dimana penggunanya mudah berpartisipasi di dalamnya, berbagi dan menciptakan pesan, termasuk blog, jejaring sosial, wiki atau ensiklopedia online, forum-forum maya. Media sosial yang sering digunakan masyarakat pada saat ini adalah Facebook, Twitter, Instagram, YouTube dan masih banyak lainnya.

Namun sangat disayangkan, seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi, penggunaan internet pun sudah banyak disalahgunakan. Banyak kasus-kasus negatif yang muncul akibat mereka para pengguna yang telah menyalahgunakan internet, seperti mengupload foto tidak senonoh, mem-bully di media sosial, pencemaran nama baik, mengakses situs-situs porno, pencurian data dan melakukan penipuan bahkan masih banyak hal lainnya.

Terlepas dari itu semua, internet dan media sosial ternyata dapat memberikan dampak yang sangat besar dalam kehidupan seseorang. Ketika internet dimanfaatkan dengan bijak dan cerdas, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Mungkin belum banyak orang yang menyadari hal ini, media sosial yang kita tahu pada umunya digunakan untuk bersosialisasi, mencari teman baru, mencari info terkini dan hiburan, kini telah dijadikan ajang untuk mencari kekayaan dan popularitas.

Dengan kata lain seseorang dapat menghasilkan uang dengan internet melalui media sosial sehingga dapat meningkatkan taraf hidup seseorang. Mungkin kita sebagai pengguna dari media sosial sendiri belum terlalu tersadarkan oleh hal ini, akan tetapi orang-orang yang pemikirannya telah lebih maju sangat memanfaatkan media sosial dalam kehidupannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya