Pada beberapa tahun terakhir, serangga kecil yang kita sering dengar dengan sebutan tomcat telah mewabahi sebagaian besar masyarakat di Indonesia. Serangga kecil itu ternyata berdampak buruk pada tubuh kita jika cairan di dalam dirinya terkena pada kulit manusia. Hal-hal dibawah ini mungkin dapat sedikit membantu dalam penanganan kulitmu ketika gejala tomcat menyerang :

1. Bila ada serangga yang hinggap di kulit, jangan sekali-kali membunuh langsung dikulit, lebih baik di tiup atau kita dapat menggoyang-goyangkan tubuh hingga serangga kecil itu jatuh .

Advertisement

2. Jika kulit terlanjur terkena tomcat atau cairannya,pasti dibagian tersebut akan terasa panas seperti terbakar dan kulit menjadi berwarna kemerahan serta munculnya nanah dalam beberapa hari.

3. Jika mengetahui bahwa kulit terkena tomcat atau cairannya,segeralah untuk membasuhnya dengan air bersih dan sabun.

4. Jangan biarkan kulit yang terkena tomcat terpapar dengan sinar matahari langsung,karena dapat menimbulkan bekas hitam setelah kering.

Advertisement

5. Jangan menggaruk luka, karena jika cairannya pecah, justru racunnya akan semakin menyebar ke bagian kulit yang lain.

6. Sebaiknya segera pergi berobat ke dokter, agar diberi resep obat dan biasanya luka akan mengering dan sembuh dalam 10 hari-3 bulan.

Demikian, sekiranya hal-hal yang dapat dilakukan saat terkena serangga kecil ini. Semoga tips sederhana diatas dapat sedikit membantu meringankan, apabila kulit terkena serangan tomcat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya