Komedo adalah hasil dari penyumbatan pori-pori kulit oleh kotoran sehingga timbul tonjolan kecil yang pastinya mengganggu penampilan. Komedo ada dua jenis, yang pertama adalah whitehead yaitu komedo yang memiliki ujung tonjolan berwarna putih. Yang kedua adalah blackhead, yaitu komedo yang memiliki ujung tonjolan berwarna kehitaman.
Komedo biasanya muncul di sekitar wajah, hidung dan juga mata. Komedo biasanya berubah menjadi jerawat yang lebih dikenal dengan istilah pustule. Hal ini biasanya muncul ketika kita sudah masuk masa pubertas dan ditambah lagi dengan produksi minyak berlebih pada wajah.

Penggunaan bahan kimia untuk menghilangkan komedo hanya akan membuat kita ketergantungan dan tentu saja memperburuk kondisi kesehatan. Ada juga yang menghabiskan uang yang cukup banyak untuk pergi ke klinik kesehatan hanya untuk menghilangkan komedo. Tetapi hasil yang mereka dapatkan tidak maksimal dan komedo malah semakin banyak dan berbekas. Ternyata cara untuk menghilangkan komedo secara alami sangatlah mudah. Hal yang kamu perlukan hanya ketekunan dan kesabaran untuk mendapatkan hasil terbaik. Yuk simak tips nya..

Menghilangkan Komedo dengan Pepaya

Khasiat buah pepaya tidak bisa dipandang sebelah mata. Buah ini sangat di anjurkan oleh dokter-dokter kecantikan sebagai alternatif perawatan wajah. Dan ternyata buah pepaya bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Caranya pun sederhana, kamu hanya perlu menghaluskan beberapa potong buah pepaya dan gunakan sebagai masker di area komedo. Biarkan selama 30 menit, lalu cuci muka hingga bersih. Lakukan setiap malam sebelum tidur secara rutin selama satu minggu.

Menghilangkan Komedo dengan Telur

Advertisement

Telur juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. tetapi yang kita gunakan hanya bagian putihnya saja. Caranya adalah pisahkan putih telur dengan kuningnya, campurkan dengan madu lalu tempel di area wajah yang berkomedo. Kebanyakan orang tidak tahan dengan cara ini karena baunya yang amis, tetapi cara ini terbukti efektif jika di lakukan secara rutin kurang dari satu minggu.

Menghilangkan Komedo dengan Lidah Buaya

Getah lidah buaya sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan komedo. Lidah buaya memiliki senyawa yang mampu mengangkat kotoran dan mengurangi infeksi pada kulit. Cara menggunakannya adalah dengan menempelkan getah atau gel lidah buaya segar ke area wajah yang berkomedo. Diamkan hingga kering, lalu bilas hingga bersih. Kamu dapat melakukannya secara rutin pagi dan malam untuk mendapatkan hasil terbaik.

Menghilangkan Komedo dengan Uap

Percaya atau tidak, ternyata uap air panas bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Hal ini mungkin sering kamu temui di klinik-klinik perawatan wajah yang menggunakan steam atau uap sebagai media untuk menghilangkan komedo. Caranya adalah dengan menguapi wajah selama beberapa menit. Uap panas ini akan membuka pori-pori kulit sehingga kulit mudah untuk di bersihkan. Setelah dirasa cukup, kamu hanya perlu membersihkan wajah dengan handuk khusus. Pada masa ini, komedo dan kotoran yang menempel sangat mudah di lepaskan. Tetapi perlu di ingat, gunakan uap yang hangat untuk menghindari kulit wajah menjadi kering dan iritasi.

Menghilangkan komedo dengan Air Perasan lemon

Cara menghilangkan komedo yang terakhir adalah dengan air perasan lemon. Lemon memiliki senyawa yang berfungsi untuk mengurangi kandungan minyak pada wajah. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu membalurkan wajah dengan air perasan lemon selama beberapa menit, lalu cuci muka hingga bersih. Air perasan lemon berfungsi untuk mengangkat komedo dan menghilangkan flek hitam yang mengganggu penampilan kita. Wajah akan terasa sedikit perih ketika menggunakan metode ini. Tetapi hal itu hanya berlangsung sementara. Lakukan secara rutin setiap malam sebelum tidur.

Setelah komedo hilang dari wajah, kamu juga perlu memastikan agar komedo tidak kembali lagi. Berikut cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

1. Mencuci wajah ketika kembali dari bepergian dengan menggunakan pembersih khusus

2. Mengenali jenis kulit wajah, gunakan make up atau pembersih yang sesuai

3. Bersihkan wajah dengan air hangat-hangat kuku sebelum tidur

4. Mengurangi konsumsi makanan berminyak, terutama junkfood

5. Hindari asap rokok

6.Gunakan masker ketika bepergian keluar rumah

7. Berhenti memencet-mencet komedo, karena hanya akan membuat kulit iritasi dan memunculkan lebih banyak komedo dan jerawat.

Sederhana bukan? Cara-cara diatas bisa kamu praktekan di rumah untuk mendapatkan wajah bebas dari komedo dan jerawat. Jika memang komedo tidak mampu dihilangkan dengan cara diatas, akan lebih baik jika kamu mulai berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Semoga berhasil mendapatkan kulit yang kamu idam-idamkan. Jangan lupa bagikan tulisan ini agar orang-orang disekitarmu tahu!