A : Nak, kuliah dimana?

B : Kuliah di universitas “x” jurusan Bahasa Indonesia, bu.

A : Waah, belajar apa ya disana? Aah, pasti jadi guru ya lulusnya.

B : (setengah hati menjawab) ….i.iya.

Jurusan Bahasa Indonesia, apa yang kamu pikirkan mengenai jurusan ini? Hmm, orang awam pasti beranggapan ”ngapain belajar bahasa indonesia!?” Atau “belajar apaan lagi sih, lha udah dari SD diajarin, kok!” dan anggapan lain, yang membuat buruk jurusan ini.

Advertisement

Dewasa ini, perkembangan zaman kian pesat dan infrastruktur negeri ini kian membaik. Otomatis, informasi pun ikut berkembang dan Bahasa Indonesia lebih mengemuka di khalayak. Hampir sama dengan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris dahulu.

Apa sih yang kamu pelajari di jurusan bahasa indonesia? Mari disimak!

1. Kamu belajar teknik berbicara

Sama halnya dengan jurusan bahasa inggris, disini akan diajari teknik vokal dan intonasi berbicara yang sesuai kaidah. Biasanya, akan dilaksanakan di laboratorium bahasa.

2. Mendalami “grammar” dan “structure”

Ya, istilah “grammar” dan “structure” bukan hanya milik bahasa inggris atau bahasa asing lain. Di jurusan ini, akan belajar lebih mendalam. gak hanya S-P-O-K saja. Jika dosennya berwawasan dan kreatif, bisa dapat materi tentang kosakata baru/lama di bahasa indonesia tapi gak pernah dipakai. Misalnya : Tetikus, mafhum, masygul, risau, dan sebagainya.

3. Belajar menulis, lebih terarah dan sesuai kaidah.

Menulis di bahasa indonesia, gak cuma seputar “Ini budi” “Ini bapak budi” atau “Budi dan Ani, kakak beradik” itu sih anak SD hafal banget! Kamu diajarin tentang merangkai tulisan yang baik dan benar, kohesi, koherensi, dan konjungsi diperhatikan.

4. Buat kamus Bahasa Indonesia, why not?!

Ada kuliah di bahasa indonesia tentang pembuatan kamus, yaitu leksikografi. Di penghujung studi, kalian akan mendapat kuliah ini. Istilah lema, serapan, dan kontraksi jadi santapan mingguan.

5. Bahasa Indonesia, ada tes TOEFL-nya lho!

Jangan salah, tes TOEFL bukan milik bahasa asing. Bahasa Indonesia juga, punya! Namanya, UKBI. Kepanjangan dari Uji Kemampuan Berbahasa Indonesia. Tes ini, berguna bagi orang asing yang tengah belajar bahasa indonesia di sebagian universitas negara Australia.

Bagaimana? jurusan bahasa indonesia, tak kalah keren, dengan jurusan bahasa yang lain! Kalian sebagai mahasiswanya patut bangga.