Banyak orang yang merasa sangat sulit untuk melupakan sesuatu hal, kalau hal baik sih gak masalah ya buat diinget terus. Tapi, kalau sesuatu itu hal yang buat sedih adalah “kejahatan” yang pernah dilakukan sang mantan? Eitss masa iya mau sedih terus karena mantan? Kalau saya, sih, gak mau ya hehehe. Dulu saya juga pernah mengalami kesulitan melupakan sesuatu hal, tidak sekedar mengenai mantan ada juga hal kegagalan dan hal menyedihkan dimasa lalu saya, tapi setelah memahami kalimat kunci yang satu ini saya cukup membutuhkan beberapa hari untuk move on dari apapun.

Kalimat kunci apasih yang bisa bikin move on secepat itu? Yuk, kita bahas lebih lanjut mengenai cara dan kalimat kunci yang bisa buat kalian cepat move on!

Advertisement

Pertama, kalian harus pahami tentang move on. Move on sebenarnya bukan sekedar berbicara bisa melupakan mantan/masa lalu. Tapi, move on lebih pada gimana kita bisa menerima masa lalu kita. Karena masa lalu bukanlah hal yang harus dihapus dari ingatan kita. Berterimakasihlah pada masa lalu karena bisa membuat kita lebih kuat seperti sekarang.

Kedua, kalian harus memahami bahwa kita tidak bisa memaksa orang lain untuk menjadi apa yang kita inginkan. Coba kalian ingat, pernah nggak sih kalian memaksa mantan atau orang lain buat jadi seperti yang kalian mau? Seperti kalimat-kalimat “Kenapa kamu bisa berubah, udah gak sayang lagi sama aku?”, “ Kamu kok gak perhatian sih sama aku? Udah gak sayang ya?” atau “Aku nggak suka kamu gini, kamu harusnya itu bla bla bla”.

Weitssssss kalau kalian suka ngelakuin hal itu mulai sekarang kurang–kurangin ya. Karena kembali lagi, setiap orang itu berbeda atau saya lebih suka dengan menyebut setiap orang itu unik. Jadi jangan paksakan mereka untuk menjadi apa yang kalian inginkan. Mungkin ada pertanyaan yang muncul “Tapi kan sebel, sedih ngeliat dia kayak gitu, trus harus gimana dong?”. Yang harus kalian lakukan adalah memahami hal yang ketiga!

Advertisement

Ketiga, hal yang kalian harus pahami selanjutnya adalah instropeksi diri. Jadi dalam hal apapun coba melihat apa yang telah kalian lakukan sehingga hal tersebut bisa terjadi. Jangan biasakan diri kalian selalu melihat kesalahan 100% mutlak dari orang lain, bisa jadi karena kalian yang terlalu banyak menuntut atau bahkan perilaku kalian sendiri yang berubah?

Selanjutnya ketika kalian galau, sedih setelah diputus pacar tidak perlu malu untuk menangis. Menangislah! Hal yang wajar ketika kita kehilangan sesuatu kemudian kita bersedih dan menangis. Jika kalian menekan emosi tersebut itu malah nggak sehat, lho, untuk diri kalian.


Nah, tapi yang harus digarisbawahi disini adalah sampai kapan kalian bersedih dan menangis karena putus? 1 tahun? 6 bulan? 3 bulan atau 1 minggu mengurung diri dikamar tanpa makan? Wow, menyiksa diri sendiri banget ya, kalau saya, sih, memilih nggak mau melakukan hal–hal itu, 3 hari cukup kok buat kalian move on.


Ah masa sih secepet itu? Nggak mungkinlah, bohong pasti? Nggak kok, saya gak bohong. Udah siap buat move on cepet? Oke, dimulai dari hari pertama yang harus kalian lakukan!


  • Day 1 : Menangislah! Menangis tanpa perlu malu oleh siapapun cowok atau cewek sah–sah aja kok. Menangis tidak ada yang salah, karena kita semua punya perasaan. Luapkan kesedihan kalian dengan menangis di hari pertama ini, manfaatkan 24 jam ini untuk meluapkan kesedihan karena kenyataan kalian ditinggalkan oleh sang mantan.


  • Day 2 : Instrospeksi diri maupun instrospeksi hubungan kalian dengan mantan selama ini yang membuat kalian bisa putus. Nah dihari kedua ini kalian menggunakan kalimat kunci “berdamailah dengan masalalu”. Ketika kalian mengingat hal–hal yang sudah kalian lakukan bersama mantan anggap saja semua merupakan proses pembelajaran untuk kedepan. Apapun yang terjadi pada diri kalian saat ini terimalah diri kalian apa adanya. Semua hal yang telah kalian lakukan atau mungkin ada kesalahan-kesalahan yang telah kalian lakukan bersama sang mantan dulu. Akuilah. Ya, memang hal tersebut pernah terjadi. Kalian tidak perlu mengelak ataupun marah dan sebagainya hanya satu yang perlu dilakukan yaitu akuilah dan terimalah hal tersebut. Setelah itu ada hal yang lebih penting untuk kalian pikirkan yaitu keberlanjutan hidup kalian dihari esok.


  • Day 3 : Dihari ketiga ini waktunya kalian move on dan bersenang–senang. Udah cukup lah ya sedih sedihnya karena mantan. Cari sesuatu hal yang membuat kalian senang dan dihari ketiga ini kalian juga udah bisa kok cari cari gebetan lagi. Memang kalau dilihat orang lain, sih, kayak kita yang tidak serius dengan hubungan kita sebelumnya. Secara hari ketiga udah cari gebetan baru aja. Tenang, tidak perlu kita dengerin omongan orang kita yang tahu diri kita sendiri karena tujuan kita adalah membuat diri kita sehat secara fisik dan psikis. Hidup itu kedepan dengan kalian tidak sedih berkepanjangan itu akan membuat jiwa kalian lebih sehat :)

Tips diatas adalah hal yang saya lakukan untuk saya bisa cepat move on dan tetap menjadi diri yang sehat. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya