Sebelum baca blog ini atau sekalian baca juga gapapa. Coba dengarkan lagu dari Endank Soekamti feat Melanie Subono ini.

Mantan atau bisa disebut juga Manusia Tinggal Kenangan adalah seseorang yang secara dunia pernah singgah dihati dan pergi dengan orang lain.

Advertisement

Mungkin akan terlihat biasa jika teman jadi pacar, karena betapa asyiknya ketika kita sudah berteman lama dan kemudian menjadi pasangan. Tidak ada kata segan dan sudah saling mengisi sejak lama.

Tapi bagaimana jika mantan jadi teman? Apalagi jika dulu dia adalah memang seorang teman. Teman jadi pacar dan kemudian jadi mantan. Bisakah kembali menjadi teman?

Tidak bisa dipungkiri, sekejam – kejamnya cara seorang pasangan putus pasti akan tetap ada rasa itu terhadap mantannya.

Advertisement

Gausah gengsi, memang itu faktanya. Perlu bukti? Coba aja ketemuan lagi sama mantan, coba balik ke hubungan yang intens. Kalo ga rasa yang dulu bakal balik lagi.

Dalam konteks ini sebenarnya adalah sebuah pertanyaan. Bisa atau tidak. Tapi dalam kenyataannya adalah sangat sulit untuk kembali menjadi teman. Beberapa faktor pun ikut mempengaruhi persoalan ini.

1. Gengsi, ketika sudah menjadi mantan ada satu pihak yang akan menjaga gengsinya ketika sudah putus. “Ah biarin dia aja yang ngehubungin gue kalo butuh” “Kan dia yang mutusin gue, males banget buat ngehubungin dia lagi”

2. Takut, perasaan ini menjadi momok dalam berhubungan kembali dengan seorang mantan. Ketika sudah melepaskan status berpacaran, ada beberapa orang akan takut untuk kembali dekat kepada mantannya dengan alasan tertentu. Misalnya aja, takut balikan lagi :p

3. Orang ke 3, iya faktor ini adalah hal yang kadang seseorang mantan akan sulit menjadi teman lagi. Karena pasangan dari seorang mantan pasti akan punya rasa takut ketika seorang mantan dekat dengan mantannya. Balik ke nomor 2, takut balikan.

Padahal menjaga hubungan baik dengan setiap orang adalah perintah. Perintah dari Tuhan yang Maha Esa, agar setiap manusia bisa saling mengasihi. Tidak harus jadi pacar, teman dan sahabat pun bisa saling memberi rasa kasih sayang.

Terlepas dari Jodoh ditangan Tuhan, saling percaya adalah salah satu hukum yang harus dipegang dalam komitmen berpasangan.

Jadi gak usah takut kalo pacar kita deket sama mantan. Mungkin aja dia nanti yang ngasih amplop (dan isinya) paling banyak kalo kita nikah. Iya kita…. kamu dan aku…

Kunjungi saya di @Hariandilion_D

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya