Saat ini teknologi berkambang dengan sangat pesat. Setiap orang pasti sudah tak lagi asing dengan yang namanya smartphone. Apa sih smartphone?

Ponsel pintar atau smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi menyerupai komputer.

Advertisement

Smartphone dapat juga diartikan sebagai sebuah telepon genggam yang bekerja dengan menggunakan perangkat lunak system operasi (OS) yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembangan aplikasi.

Smartphone memiliki berbagai fitur aplikasi yang bisa membantu kita dalam berkomunikasi dengan berbagai orang. Berbagai aplikasi yang bisa kita install di smartphone contohnya sosial media. Kini smartphone sangat dibutuhkan oleh masyarakat entah itu untuk berkomunikasi ataupun untuk yang lainnya.

Apabila kita bicara tentang smartphone pasti semua orang sudah mempunyai benda satu ini. Bahkan ada satu orang yang punya lebih dari satu smartphone dan modelnya pun sudah yang terbaru.

Advertisement

Zaman sekarang sudah jarang dilihat pengguna yang menggunakan smartphone jadul, pasti sudah menggunakan smartphone Android dan mereknya pun bermacam-macam. Pengguna smartphone pun bermacam-macam mulai dari yang orang tua, remaja, sampai anak kecil.

Kegunaannya smartphone yang dimiliki anak-anak pun beragam. Ada yang dibuat game, komunikasi satu sama lain, bermain sosial media, dan lainnya tergantung si pengguna. Apabila kita melihat, saat ini orang tidak bisa lepas dari smartphone atau bisa dibilang sudah ketergantungan terhadap smartphone.

Selain ketergantungan, kita juga sudah kecanduan dengan smartphone. Bagaimana tidak?
Smartphone seperti sudah melekat pada diri setiap manusia, setiap hari, setiap jam, bahkan setiap detik kita selalu menggunakan smartphone .

Jika kita melihat sekeliling, semua orang menggunakan smartphone. Bahkan jika beberapa orang sedang kumpul dengan teman-temannya atau kumpul dengan keluarganya, smartphone tidak bisa terlepas dari genggaman mereka.

Hal ini lah yang membuat kita jauh dari orang terdekat kita. Seharusnya saat kita sedang memiliki momen kebersamaan, smartphone dimasukkan ke dalam saku terlebih dahulu. Apabila ada keperluan, barulah kita menggunakan smartphone tersebut.

Bukan hanya itu saja, anak kecil pun juga tidak bisa lepas dari keberadaan smartphone. Kebanyakan dari mereka menggunakan smartphone untuk main game online dan benar-benar sudah kecanduan. Saat kita meminta smartphone-nya atau menyuruh untuk berhenti bermain, maka anak akan menangis bahkan marah. Sebaiknya anak kecil jangan dipengangi smartphone terlebih dahulu. Lebih baik diberi buku bacaan daripada smartphone.

Lebih parah lagi yang terjadi pada remaja, saat ini smartphone tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi atau untuk main game saja. Smartphone sudah menjadi alat multifungsi, misalnya kamera salah satu yang dapat dimanfaatkan untuk mengabadikan momen pribadinya. Selain itu social media menjadi daya tarik tersendiri bagi remaja sekarang, karena bisa mengenal orang yang bahkan tidak ia kenal sebelumnya serta mengunggah foto yang sudah ia abadikan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya