Masa Lalu yang Buruk Bukanlah Penghalang untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Apa yang ada dalam pikiran anda bila mendengar satu orang baik?
Apa yang ada dalam pikiran anda bila mendengar satu orang yang bermanfaat atau bisa diandalkan?

Advertisement

Saya akan memberitahu jawaban saya setelah cerita dibawah ini…
Memang untuk berubah menjadi lebih baik itu sulit karena untuk berubah itu pasti selalu ada pengorbanan. Apakah suatu hal yang harus kita tinggalkan ataupun beban yang akan kita jalani selanjutnya. Tapi ingatlah, tidak berubah lebih buruk, waktu terus terbuang,banyak hal-hal penting yang kita lewati baik itu peluang untuk sekolah, bekerja ataupun untuk berangkat menuju suatu tempat.

Memang untuk berubah menjadi lebih baik itu sulit. Tapi ingatlah.. bayangkanlah.. berubah menjadi pribadi yang lebih baik itu membuat hidup menjadi lebih bermanfaa. Karena kita memiliki tujuan hidup yang jelas, kita mau melakukan hal baik dan kita merasa bahwa hidup memang untuk dinikmati dan harus disyukuri. Kemudian dengan adanya perubahan pola pikir ini bisa membuat hidup kita berubah menjadi lebih baik, kita lebih ringan dalam mencapai impian-impian dan yang terakhir adalah perubahan positif ini akan berdampak pada kehidupan kita serta orang-orang yang ada di sekitar kita.

Ayo berubah, ayo berubah, ayo bangkit!

Dulu saya adalah seorang pemalas yang sekolah hanya untuk bermain, bermain hanya untuk mengisi waktu, mengisi waktu dengan kenakalan-kenalan.. Hanya bisa berkelahi di jalan, pacaran, mengonsumsi minuman beralkohol, merokok dan seterusnya hanya begitu. Dan setelah sekian lama saya mulai bosan dengan ocehan orangtua yang selalu saya bantah dan pandangan orang-orang sekitar tentang kelakuan saya. Saat itulah terlintas kalimat, "Harus seperti apakah aku? Mengapa semua orang terlihat seperti benci padaku? Mengapa mereka harus begitu padaku dan tidak urus saja hidup mereka masing-masing?"

Saya pun sadar semua hal yang saya lakukan dulu itu tidak membuat saya menjadi lebih baik.. Sampai saya mencoba melakukan hal baik walaupun sedikit demi sedikit,saya memperbaiki keimanan saya, perilaku saya, tampilan saya, kebiasaan saya,bahkan mencoba untuk bisa berprestasi dan mencari uang sendiri.

Advertisement

Mencoba berprestasi di bidang olahraga beladiri tinju.. Walau kadang merasa bosan tapi saya tetap TEGAR. Terus beribadah,sekolah dengan niat belajar, berlatih, bantu-bantu orangtua, memungut sampah yang tidak sengaja terlihat dan terus seperti itu menjadi rutinitas dalam 4 bulan. Semua demi menjalankan niat untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna sampai tiba waktunya diselenggarakan PEKAN OLAHRAGA KOTA/PORKOT BOXING. Saya pun mengikutinya, berdo'a dan berdo'a meminta kepada Allah SWT,

Dan ternyata saya bisa. alhamdulillah saya bisa. saya naik podium dengan di urutan 3 (perunggu). Saya selalu bersyukur dan terus menjalani kebiasaan tersebut sambil mencoba melakukan hal baik lainnya. Kebetulan kemarin sudah donor darah karena ingin berbagi untuk sesama.

Saat itu orangtua saya sangat bangga sampai memeluk dan mencium kening saya. Saya pun hanya bisa merasakan haru karena ternyata saya juga bisa membuat orangtua bangga walau baru bisa membanggakan seperti itu.

Hikmahnya adalah tidak ada kata terlambat untuk menjadi lebih baik. Marilah kita rubah kebiasaan-kebiasaan buruk kita menjadi baik apapun itu sampai bisa menghasilkan hal baik untuk diri kita sendiri. Dengan keyakinan dan usaha yang terus-menerus apapun bisa dicapai!

Menurut saya orang baik itu adalah orang yang bermanfaat untuk orang lain dan orang yang bermanfaat adalah orang yang bisa berbuat baik pada orang lain.

"Hidup itu memang harus sederhana dan apa adanya, tapi bukan sederhana yang tidak bisa apa-apa"

Ayo sama-sama kita berbuat baik dan berbuat baik,tidak lupa beribadah,selalu bersyukur dan saling memotivasi agar bangkitlah semua teman-teman dan saudara-saudara kita dari keterpurukan! Ingat, tidak ada kata terlambat untuk berubah menjadi lebih baik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sekilas informasi tentang saya.. Hallo nama saya Muhamad Tegar Islami atau lebih akrab dipanggil TgarEguy,tinggal di Kota Tasikmalaya daerah Leuwidahu Perum Griya Citra Regency no.1.Masih bersekolah di STM/SMKN 2 Tasikmalaya jurusan Pemesinan atau Mesin Perkakas. Saya menyukai olahraga ekstrim salah satunya yaitu beladiri karena saya sendiri adalah fighter boxing ,saya juga suka kuliner dan mengunjungi tempat-tempat wisata alami seperti Curug,Gunung,Kebun,dll.

32 Comments

  1. Diana Tari berkata:

    Trus apakah kamu masih main di jalanan sperti yg kamu ceritakan? Kalau ya, apa keuntungan pergaulan tersebut sehingga kmu ttap menjalani nya, apalagi skarang km kan fighter boxing, apa mungkin skill km dipergunakan untuk di jalanan juga?

  2. Muh Tgar Islami berkata:

    Hehehe Mba.Diana Tari pertanyaannya bikin saya kaget hehe.
    Jadi gini,memang dulu saya bermain di jalan itu dalam arti GENG atau bisa dibilang juga Tukang Bikin Onar yah,tapi yah yang namanya jalanan itu tidak bisa lepas dari kehidupan karena rumah aja adanya di pinggir jalan,betulkan?
    Saya sekarang udah berubah,main di jalan dengan cara yang sehat,kumpul organisasi untuk sharing sama temen,olahraga,dll.
    Kalo masalah itu sih tergantung yah,dikala ada masalah saya selalu ingin jalan keluar yang sebaik-baiknya tapi jika saya dipaksa untuk melakukan hal tsb(berkelahi).Kapanpun saya siap.

  3. Diana Tari berkata:

    Ya kalau gtu tdk ada perubahan dong? Gini ya, kan Geng itu sudah dikenal di masyarakat brutal, kamu bangga dikenal sbagai org yg brutal? Km kan ingin menjadi lebih baik, prilaku juga harus baik, kita itu hidup di lingkungan bermasyarakat, berarti pandangan masyarakat beda kalau kumpul2 di jalanan, pasti banyak yg beranggapan ke hal yg negatif

  4. Reza Ramdanis berkata:

    Ancess si eguy bisaan euy,teruskan guyyy urg bangga

  5. Muh Tgar Islami berkata:

    Diana Tari : Ya jelas ada dong,Saya dari OKP Brigez DPW Tasikmalaya insya allah sudah road to postive,gaada lagi yang namanya brutal,buat onar,ricuh,dll.Yang ada kita itu udah beberapa kali membuktikan kesungguhan niat kita untuk menjadi organisasi yang mengabdi untuk Negeri ,contoh yg kemarin sudah dilaksanakan : Peduli bencana alam,donor darah,tablig akbar.
    Untuk masalah pandangan negatif dari masyarakat ya mungkin memang wajar karena setiap orang itu punya sudut pandang berbeda,belum tentu masyarakat memandang kita itu negatif dan belum tentu juga positive dan memang dulu itu Organisasi kami adalah geng motor bukan OKP,tapi untuk kedepannya kami pasti selalu berusaha membuktikan bahwa kami sudah Soleh tidak seperti dulu lagi.
    -Yang paling penting itu selalu ada usaha untuk membuktikan perubahan.

  6. Diana Tari berkata:

    Oh organisasi ya, apa keuntungan nya ikut organisasi tersebut? Apakah ada kaitannya dgn kegiatan d lingkungan masyarakat?

  7. Muh Tgar Islami berkata:

    Diana Tari : Bagi saya keuntungan ber-organisasi itu untuk menambah wawasan dan belajar cara menyikapi perbedaan .Kaitannya adalah tentang suatu kebersamaan bagaimana mengatasi sedikit demi sedikitnya masalah yang sering terjadi di lingkungan masyarakat,misalnya membantu pembagian air bersih ke berbagai daerah terdekat yg kekeringan,acara baksos.Ramah lingkungan.

CLOSE