Di era globalisasi dan modernisasi sekarang ini, teknologi berkembang dengan sangat cepat dan mempengaruhi kehidupan manusia. Hampir semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa memiliki gadget yang terhubung dengan internet sehingga dapat dengan mudah mengakses media sosial. Gadget dan media sosial telah menjadi kebutuhan pokok yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Media sosial sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Di bidang komunikasi, seseorang dapat berinteraksi dengan orang lain. Di bidang pendidikan, seseorang dapat mengakses dan membagikan ilmu kepada orang lain. Di bidang bisnis, seseorang dapat menjaring dan memasarkan produknya secara luas, dan lain sebagainya. Banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan dengan adanya media sosial. Namun kita harus mengingat bahwa media sosial juga memiliki dampak negatif yang tidak bisa disepelekan.

Advertisement

Kita harus berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Seseorang yang telah kecanduan menggunakan gadget dan media sosial dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk berselancar di dunia maya mencari informasi dan berita terkini. Dengan hanya sekali klik, seluruh informasi dapat ditemukan.

Namun media sosial sangat rentan sekali dengan hoax. Karena berita dapat tersebar dengan sangat cepat tanpa disaring terlebih dahulu, banyak orang yang termakan oleh hoax tanpa mengetahui kebenarannya. Kita harus bijak dan kritis dengan segala berita yang ada dan tidak ikut serta dalam menyebarluaskan berita yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Selain itu, media sosial dapat digunakan sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi. Media sosial dapat melepaskan rasa rindu akan teman dan keluarga yang tinggal jauh dari kita. Media sosial juga dapat mempertemukan kita dengan orang-orang yang belum pernah kita temui sebelumnya.

Advertisement

Dua orang yang tadinya tidak mengenal satu sama lain dapat menjadi akrab berkat adanya media sosial. Namun ironisnya, mereka yang akrab di dunia maya jika bertemu secara langsung, justru sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Mereka menjadi pribadi yang berbeda seakan terdapat pembatas antara dunia maya dan dunia nyata. Media sosial diciptakan untuk mendekatkan yang jauh, bukan untuk menjauhkan yang dekat.

Kita juga harus bijak ketika hendak membagikan suatu konten di media sosial. Ciptakanlah konten yang baik dan bermanfaat karena hal tersebut dapat dengan mudahnya dilihat oleh orang lain. Berhati-hatilah dengan konten yang dibagikan karena bisa saja menuai kontroversi dan ujaran kebencian yang dilontarkan oleh pembaca.

Semakin terkenal seseorang, maka akan semakin banyak komentar yang berdatangan, baik komentar positif maupun negatif. Kita harus memikirkan terlebih dahulu resiko yang akan datang dan bertanggung jawab secara penuh akan konten yang hendak dibagikan.

Teknologi diciptakan untuk mempermudah hidup manusia. Jangan sampai teknologi tercipta untuk memperbudak manusia. Maka dari itu kita harus bijak dalam menggunakan media sosial. Gunakanlah media sosial sesuai dengan porsinya karena manusia hidup di dunia nyata, bukan di dunia maya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya