Saya mulai berfikir bahwa seorang penjilat lebih mengerikan dibanding dengan seorang koruptor, bagaimana tidak, karena seorang penjilat tidak hanya mampu menghambat satu orang bahkan ia bisa menghambat laju dari banyak orang. Penjilat bisa berada dimana saja dan kapan saja, misalnya ketika anda berada di dalam kelas, di tempat kerja, di lingkungan keluarga, ditengah-tengah acara penting pokoknya dimanapun yang namanya penjilat selalu ada.

Saya akan membeberkan bagaimana biasanya si penjilat beraksi, saya ambil contoh kali ini di lingkungan kerja. Biasanya sikap yang paling menonjol dari si penjilat adalah berpura-pura menjadi pekerja keras di depan atasan lalu menjadi super malas ketika atasan sedang tidak ada. Kemudian biasanya si penjilat juga terlihat sangat antusias apabila ada pertemuan bersama dengan selalu menonjol dalam berbicara walaupun hanya sekedar menjawab hal-hal yang tidak penting. T

Advertisement

idak kalah penting juga adalah si penjilat akan selalu berusaha mencari-cari kesalahan orang lain agar terlihat selalu melakukan perbuatan yang benar di mata atasan. Biasanya ia akan selalu mengungkit kesalahan-kesalahan rekan kerjanya walaupun itu hanya kesalahan kecil.

Nah lantas bagaimana menghadapi si penjilat agar anda tetap survive di tempat kerja tanpa perlu merasa tersaingi dan risih.

Pertama, adalah tanamkan dalam diri anda bahwa menjadi penjilat sama saja dengan berbohong dimana kita akan menyiapkan “jilatan” kedua dan seterusnya agar bisa selamat jadi jangan sekali-kali dilakukan.

Advertisement

Kedua, selesaikan pekerjaan anda tepat waktu sehingga tidak ada celah bagi si penjilat untuk mengusik keburukan anda dan atasan pun juga akan melihat anda sebagai pekerja yang disiplin.

Ketiga, tetap percaya diri bahwa anda bisa melakukan semua pekerjaan yang diperintahkan oleh atasan sehingga perlahan atasan akan memberikan kepercayaan kepada anda.

Keempat, tetap tenang karena anda tidak perlu merasa emosi dan risih apalagi tersaingi tentang perkataan si penjilat kepada siapapun yang isinya hanya menjelek-jelekan anda.

Kelima, tetap bergaul dengan banyak orang dan menjaga hubungan yang baik karena bisa saja melalui pergaulan yang baik akan mendatangkan rezeki lain buat anda (saya telah buktikan).

Keenam, tanamkan pada diri anda bahwa kita hidup punya tujuan masing-masing dan anda harus tetap fokus dengan tujuan hidup dengan cara menghiraukan berbagai hal yang tidak penting dan bermanfaat.

Demikian adalah cara-cara yang menurut saya ampuh untuk menghadapi orang-orang yang bermuka dua a.k.a penjilat. Sekali lagi mari kita tunjukkan prestasi secara fair tanpa harus menjilat untuk meraih mimpi kita masing-masing. Slogannya adalah “hidup sehat tanpa menjilat” *nanda bismar (13/09/2015)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya