Los Angeles sebagai pusat industri perfilman di dunia mempunyai ratusan tempat populer sebagai lokasi syuting, termasuk salah satunya adalah Griffith Park. Griffith Park merupakan taman terbesar yang kesepuluh di Amerika Serikat. Selama 2014, tercatat bahwa terdapat 322 film dan serial TV yang mengambil gambar dari tempat ini.

Griffith Park terletak di lereng timur Santa Monica Mountains,[i] sehingga titik tingginya memberikan pemandangan spektakuler yang membuat saya terpukau. Desain bangunan Griffith Observatory yang unik dan paparan sinematiknya telah menjadikannya salah satu landmark yang paling terkenal dan banyak dikunjungi di California Selatan.

Advertisement

Griffith Park berawal sebagai bagian tanah Spanyol, Rancho Los Feliz. Taman tersebut dinamakan setelah pemiliknya, “Kolonel” Griffith J. Griffith. Tanah itu tinggal di keluarga Feliz selama lebih dari satu abad, dari generasi ke generasi, sampai Griffith, seorang spekulan pertambangan kaya, membeli sisa-sisa peternakan di tahun 1882.

Griffith J. Griffith lahir pada tahun 1850 di Wales dan datang ke Amerika sebagai seorang remaja. Ia bekerja sebagai wartawan dan penasihat pertambangan sebelum menghasilkan kesuksesannya di tambang perak Meksiko dan setelah itu real estate di California Selatan. Kemudian dia pindah ke Los Angeles selama sisa hidupnya. Griffith senang disebut “Kolonel” Griffith, walaupun dia tidak pernah secara resmi ditugaskan sebagai perwira atatupun bertugas di militer.[ii]

Griffith melihat taman umum yang besar di Eropa dan memutuskan bahwa rumahnya, Los Angeles, memerlukan "Taman Besar" bagi masyarakat agar bisa menjadi kota yang besar. Pada tanggal 16 Desember 1896, dia menyumbangkan 3.015 hektar Rancho Los Feliz ke kota Los Angeles untuk menciptakan taman umum atas namanya. "Harus dibuat tempat istirahat dan relaksasi bagi massa, sebuah resor untuk pangkat dan arsip, untuk orang-orang biasa," kata Griffith pada kesempatan itu.

Advertisement

"Saya menganggap ini kewajiban saya untuk membuat Los Angeles menjadi kota yang bahagia, bersih, dan lebih baik. Saya ingin membayar kepada masyarkat dengan cara ini di mana saya telah makmur." Griffith Park menjadi taman kota terbesar di Amerika Serikat dengan daerah padang gurun.[iii] Pada tahun 1896, Kolonel Griffith mewariskan lima mil-persegi Rancho Los Feliz miliknya kepada orang-orang Los Angeles. Pemberian bagian tanah dari Kolonel Griffith telah memperluas Griffith Park, termasuk Griffith Observatory.[iv]

Mimpi Griffith akhirnya mulai menjadi kenyataan pada musim semi 1930, di saat Griffith Trust (dewan pengurus untuk pengeluaran dari Griffith estate) mendaftarkan beberapa astronom dan ilmuwan terkemuka pada hari itu sebagai tim inti yang merencanakan pembangunan Griffith Obsivatory. Insinyur Caltech and Mount Wilson menyusun rencana untuk pameran pokok sebuah Observatorium: Foucault Pendulum yang dibuat oleh seniman Roger Hayward—sebuah model 38-kaki-diameter bagian dari Bulan dan "three-in-one" coelostat, agar masyarakat bisa mempelajari matahari di aula ilmu pengetahuan.

Bersama teater setingi 75-kaki (teater terbesar di dunia) dirancang untuk menahan 12-inci teleskop Zeiss, yang dibangun di tahun 1923, empat tahun setelah kematian Griffith, dan keluarganya setuju bersama Griffith Trust dengan membangun planetarium tersebut daripada teater sinematik yang direncanakan.

Pembukaan resmi Griffith Observatory berlangsung pada tanggal 14 Mei 1935. Sejak Griffith Observatory dibuka untuk umum, mereka yang bertugas sebagai staf bekerja setiap hari untuk memenuhi visi asli Griffith Observatory: sebagai sumber pendidikan dan inspirasi bagi seluruh masyarakat.[v]

Griffith Park memang sangat luas, meliputi 1.740 hektare dari Los Angeles. Berdiri juga tempat-tempat wisata, seperti Autry Museum of the American West, Hollywood Sign yang bisa dilihat dari area Griffith Observatory.[vi] Di area taman ini diperbolehkan untuk piknik selagi memandang Santa Monica Mountains. Di dalam Griffith Observatory disediakan teleskop di lantai tengah gedung untuk melihat outdoor Griffith Park, dan dapat melihat tanda Hollywood lebih jelas.

Sejak produksi film mulai populer pada dekade 1950an, Griffith Park ini sering dijadikan lokasi syuting film box office, film-film besar. Seperti film Rebel Without a Cause, pada tahun 1955 yang dibintangi oleh James Dean, dimana dia adalah “American heart-throb” di masa itu. Film tersebut menjadi film ikonik, sehingga di salah satu sudut halaman Griffith Observatory didirikan monumen James Dean setinggi 2 meter.[vii] Tidak hanya itu film ikonik yang menjadikan Griffith Observatory sebagai latar film, termasuk film Terminator di tahun 1984.

Bersama aktor pemenang Golden Globe, Arnold Schwarzenegger. Bersama karya baru yang mengambil gambar di kawasan Griffith Park adalah film pemenang Golden Globe, La La Land.[viii] Film itulah yang membawa kenangan indah dari pengalaman saya di Griffith Observatory. Betapa banyaknya hal untuk dieksplorasi, dengan berbagai macam atraksi.

Jika sudah pernah nonton film La La Land, anda pasti ingat adegan ketika Mia dan Sebastian berdansa disekitar Foucault Pendulum. Kemudian mereka berhenti berdansa seketika dan berganti tempat ke planetarium. Dimana saat ruangan planetarium digelapkan, menampilkan bintang-bintang yang sangat indah. Lalu mereka lanjut berdansa sampai lagu selesai. Namun acara di planetarium tersebut memiliki waktu tayang, sehingga saya tidak sempat melihat bintang-bintang indah itu karena saya tidak mengikuti jadwal tayangnya.

Tetapi hanya melihat keindahan Griffith Observatory dari film La La Land memang memberikan rasa seperti sedang berkilau, terutama pemandangan Santa Monica Mountains di malam hari yang digunakan sebagai latar tempat di poster film La La Land—langit ungu dengan ribuan bintang yang bersinar. Walaupun saya hanya pernah melihat pemandangan tanda Hollywood di siang hari, pemandangan itupun layak untuk dijadikan tempat foto yang bagus.

[i] https://www.jawapos.com/read/2018/01/18/182204/mengunjungi-griffith-park-lokasi-langganan-syuting-film-hollywood

[ii] http://www.griffithobservatory.org/about/history.html

[iii] Ibid.

[iv] https://www.discoverlosangeles.com/blog/guide-las-griffith-park

[v] http://www.griffithobservatory.org/about/history.html

[vi] https://www.discoverlosangeles.com/blog/guide-las-griffith-park

[vii] https://www.jawapos.com/read/2018/01/18/182204/mengunjungi-griffith-park-lokasi-langganan-syuting-film-hollywood

[viii] Ibid.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya