Berbicara tentang keterpurukan pasti akan sangat menguras emosi kita, kawan. Gagal berkarier, putus cinta, broken home, itu semua memang pengalaman pahit, hingga membuat kita sulit untuk bangkit dari masalah tersebut. Namun sangat disayangkan, di zaman sekarang banyak generasi muda yang menjadikan keterpurukan sebagai alasan untuk melakukan tindakan negatif, bahkan melanggar hukum dan norma masyarakat.

Mengkonsumsi narkoba, mabuk-mabukan, tawuran, seks bebas, dan masih banyak lagi hal yang merugikan dirinya dan masyarakat, ini jelas salah. Seharusnya kita menyadari, bahwa melakukan tindakan tak bermoral dalam keadaan bersedih tak akan merubah keadaan, malah akan memperburuk.

Advertisement

Kegagalan dalam hidup lebih baik kita jadikan pelajaran agar tak terulang dimasa depan dan menjadikannya sebagai api semangat untuk terus berjuang dalam hidup, bertahan dalam kesedihan, serta menggapai semua cita-cita. Bila ingin bangkit dari keterpurukan perlu tekad dan mental yang kuat, karena setelah bangkit dari kegagalan kita akan memandang dunia dengan cara yang berbeda. Perlu adanya usaha untuk memperbaiki diri agar tak terlalu larut dalam keterpurukan.

Pertama, katakanlah pada dirimu sendiri "aku kuat". Tersenyumlah pada dirimu, karena tanpa kita sadari hal tersebut akan memberikan energi positif pada diri kita. Lakukanlah hal ini berulang-ulang ketika kamu teringat rasa sedihmu. Sekuat apapun pertahanan seseorang adakalanya akan goyah dan butuh energi lagi.

Kedua, ingat semua mimpi besarmu. Cobalah untuk mengingat semua harapan, cita cita, dan mimpimu. Seringkali kita melupakan mimpi kita ketika dalam posisi terpuruk. Ingat semangatmu dulu, proses yang kau lakukan, dan berapa banyak waktu yang telah kau buang sia-sia hanya untuk meratapi sedihmu. Cambuk semangatmu, lakukan kegiatan yang membuatmu semakin dekat pada mimpimu, itu akan membuatmu jauh lebih baik.

Advertisement

Ketiga, cobalah untuk keluar rumah dan berinteraksi dengan orang-orang disekitarmu. Setelah bangun tidur, rapikanlah tempat tidurmu dan lakukan kegiatan pagi yang menyenangkan seperti jogging, memasak, sarapan bersama, atau sekedar ngobrol-ngobrol kecil dengan orang sekitarmu. Perlahan cara pandangmu pada dunia akan lebih baik. Maka, dari sinilah kamu akan menyadari bahwa berdiam diri tanpa melakukan apapun tidak akan merubah segalanya.

Keempat, selalu dekatkanlah dirimu pada Tuhan. Dalam keadaan duka atau bahagia, Tuhan adalah tempat terbaik untuk menumpahkan semua semua permasalahanmu. Rajin-rajinlah berdoa dan ibadah, karena dengan ibadah akan membuat hati kita lebih tenang dan damai.

Percayalah setiap rasa sakit yang kita terima jika kita mampu bangkit, kebahagian dan kedamaian akan menghampiri hidup kita. Lihatlah orang-orang sukses di sekitarmu, mereka terbentuk bukan dari rasa senang dan tanpa masalah. Mereka terbentuk dari tekanan, benturan, bahkan keterpurukan seperti apa yang kamu rasakan saat ini.

Sekarang bangkitlah, bulatkan tekadmu untuk benar-benar menghidupkan dirimu kembali. #MerdekaTapi masih belum mampu bangkit dari keterpurukan? It's time to move on, jangan biarkan dirimu terus ada pada zona yang merugikan. Dedikasikanlah dirimu untuk memajukan dan membanggakan bangsa dan negara, karena untuk jadi yang keren, perlu pula usaha yang keren.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya