Siapa sih tidak yang ingin merdeka dalam segala hal? Begitu juga merdeka dalam hal memilih sesuatu. Memilih karena senang terhadap yang dipilihnya pasti akan bangga, merawat, bahkan akan melindunginya dari yang membuat ia terancam rusak atau hilang, karena memilih sesuatu yang disenangi serta terwujud ketika mendapatkan apa yang diinginkan pasti akan senang.

Tetapi, apa jadinya jika dalam memilih sesuatu harus dipilihkan dan ketika dipilihkan kita tidak menyukainya, pasti kita akan malas untuk memilikinya. Banyak orang dari kita tidak dapat menghindar dalam hal memilih sesuatu karena yang memilihkan adalah orang tua kita sendiriseperti dipilihkan baju, warna sepatu, sekolah, jurusan ketika kuliah dan lebih tragis lagi kita dipilihkan dalam urusan jodoh, dan semua yang dipilihkan oleh orang tua, kita tidak "sreg" untuk memilikinya atau menjalaninya.

Advertisement

Alasan yang kita tidak dapat menolak pilihan orang tua adalah:

  1. Berbakti kepada orang tua
Advertisement

Dalam semua agama pasti kita dituntut untuk berbakti kepada orang tua, sehingga kita wajib mematuhi perintahnya termasuk patuh dalam pilihan orang tua kita. Sehingga kita beranggapan bahwa apa yang dikatakan orang tua wajib menjalankannya walaupun kurang berkenan.

  1. Orang tua yang otoriter

Orang tua yang otoriter pasti akan mengekang anaknya agar selalu mematuhi apa yang diinginkannya, dan sebagai anak kita merasa takut serta tidak mampu melawan kehendak orang tua sehingga kita selalu menuruti kemauannya.

  1. Orang tua yang posesif

Sebagai orang tua pasti ingin anaknya lebih baik serta mendapakan apa yang terbaik menurutnya, tetapi tidak baik menurut pandangan anak. Sifat posesif orang tua tersebut berdampak selalu ikut dalam urusan anaknya salah satunya dalam memilihkan sesuatu dari hal kecil sampai besar yaitu memilihkan sesuatu yang berdampak pada masa depan.

  1. Anak yang selalu tergantung pada orang tua

Ada sebagian anak yang jika tidak mendapatkan persetujuan orang tuanya ketika dihadapkan pada pilihan tidak berani membuat keputusan, sehingga apa saja yang terjadi pada hidupnya akan tergantung pada pilihan orang tuanya.

Mungkin banyak sekali alasan seseorang untuk mengikuti pilihan orang tua selain di atas, yang perlu digaris bawahi adalah ketidak mampuan diri kita untuk menolak pilihan orang tua.

#MerdekaTapi selalu dipilihkan terutama dipilihkan oleh orang tua merupakan realita yang sering kita lihat di sekitar kita atau bahkan kita mengalaminya. Untuk itu kita harus berani mengungkapkan ketidak sukaan terhadap pilihan orang tua kita dengan catatan menolaknya dengan cara yang tidak menyakiti hatinya, serta dengan memberi pengertian bahwa kita sudah mampu untuk memilih sesuatu terbaik dalam kehidupan yang akan kita jalani.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya