Ada beberapa hal yang dapat membuat seseorang menjadi lebih hidup dan tak kehilangan semangat dalam menjalani kehidupan. Ialah mimpi dan cinta.

Mimpi, semua orang pasti memiliki mimpi. Mimpi yang bukan hanya menjadi bunga tidur. Mimpi yang bukan hanya menjadi angan. Tapi mimpi yang mampu membuatnya menjadi hebat.

Bukan karena mimpinya, tapi proses yang mengiringinya. Mengiringi untuk bisa mewujudkan mimpi itu menjadi nyata. Sehingga tak ada lagi orang yang mencemoohnya. Siapapun boleh bermimpi. Setinggi-tingginya. Karena mimpi itu memang harus tinggi. Tapi mimpi akan tetap jadi mimpi bila tak segera diwujudkan. Dan ia hanya akan menjadi seonggokan sampah yang tak berguna.

Jika dengan bermimpi mampu membuatmu lebih hidup, maka bermimpilah. Tapi akan jauh lebih baik jika mimpimu itu terwujud menjadi nyata. Sehingga bukan hanya sekedar buaian saja. Terlalu lama tidur dan bermimpi itu juga tak bagus. Lebih baik segera bangun dan wujudkanlah mimpimu itu. Agar mimpi yang selama ini kau bangun tak berakhir dalam tidur semata.

Cinta; ia mampu membuat seseorang menjadi lebih hidup karena ia seperti obat bagi para pesakitan. Ia menjadi salah satu alasan yang membuat setiap orang bertahan dengan keadaannya. Tak bisa dipungkiri saat kita berbicara soal cinta, maka disana akan hadir banyak makna. Setiap orang mendadak fasih bicara tentangnya.

Advertisement

Tanpa mimpi seseorang akan sulit untuk menentukan tujuan hidupnya. Ini akan membuat seseorang tersebut malas untuk melakukan kegiatan. Dan tanpa cinta seseorang akan sulit untuk bertahan dalam keadaan apapun. Ini akan membuat dirinya menjadi orang yang mudah putus asa dan mudah untuk menyerah. Sebab ia tidak memiliki alasan untuk bertahan. Ia juga tak punya banyak amunisi keberanian untuk menyerang balik kegagalan.

Membangun semangat hidup dan membuat hidup menjadi lebih hidup adalah bukan perkara yang mudah. Tapi juga bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Setiap dari kita punya mimpi dan cinta. Bukan hanya satu, tapi beragam. Mimpi membantu seseorang agar hidup memiliki tujuan. Dan cinta membantu seseorang agar ia tak merasa sendirian. Sebab mimpi dan cinta saling bersinergi. Kau punya mimpi, maka disekitarmu ada orang-orang yang mencintaimu yang siap untuk mendukungmu bahkan membantumu untuk mewujudkan mimpimu itu.

Jadi buat apa mengeluh dan tak bergairah menjalani kehidupan? Kau punya mimpi, kaupun juga punya cinta! Tak pantas rasanya jika harus menyerah pada keadaan dan hanya sibuk dengan rasa putus asa. Sudah saatnya membuat hidup menjadi lebih hidup dan semangat menjalani kehidupan.

Karena ada banyak hal yang harus diwujudkan dan dipertahankan.