Carilah pekerjaan yang benar-benar kamu sukai dan jadikanlah pekerjaan itu bagian dari gaya hidup kamu.

Bekerja atau berkarir adalah salah satu hal penting dalam hidup seseorang. Terutama untuk anak-anak muda, karir adalah hal yang harus segera kamu rencanakan sedini mungkin. Membiayai kebutuhan hidup sendiri dan hidup mandiri adalah salah satu jawaban kenapa seseorang harus berkarir. Akan tetapi, pernahkah kamu berpikir apakah kamu sudah bekerja sesuai dengan passion kamu? Apakah kamu betul-betul menyukai pekerjaan tersebut? Apakah pekerjaan kamu membuatmu bahagia? Apakah apa yang kamu kerjakan membuat hari-harimu cerah?

Itulah beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab dalam hati. Sebenarnya pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa digabung jadi satu menjadi apakah kamu sudah menjadikan pekerjaanmu bagian dari gaya hidupmu? Meskipun anak-anak muda zaman now sangat tertarik dengan pekerjaan kantoran, belum tentu mereka suka dengan pekerjaan itu.

Advertisement


Kita tidak tau apakah mereka nyaman dengan pekerjaannya atau alih-alih hanya ingin mendapat penghasilan.


Berbicara tentang penghasilan, itu memang hal yang penting supaya bisa membiayai kebutuhan hidup sendiri. Mengerjakan sesuatu yang tidak kamu sukai memang membuat kamu tidak bahagia. Tapi apa boleh buat, kamu terpaksa mengerjakannya untuk mendapat penghasilan. Hal tersebut bisa dimaklumi, demi bisa makan, mandi, dan tidur dengan nyaman dan aman.

Salah satu alasan mengapa saya membahas topik ini adalah 2 kata yang bertebaran di media sosial pada saat-saat berakhirnya akhir pekan. Apa lagi kalau bukan 'besok senin'. Bagi saya, 2 kata itu tidak punya arti apa-apa alias bullshit. Daripada setiap minggu mengeluh tentang hari senin yang penuh derita, saya pikir lebih baik resign saja dari pekerjaan yang sebenarnya bikin kita muak.

Advertisement


Rasanya hidup ini penuh derita jika kamu bekerja tapi terus menunggu datangnya weekend.


Supaya bisa jalan-jalan dan menikmati kebebasan yang seharusnya bisa dinikmati selain weekend? Maka dari itu, jika kamu tidak suka dengan pekerjaanmu sekarang, alangkah baiknya untuk segera membuat rencana ke depannya. Apakah kamu mau mencari pekerjaan lain yang pas dengan kamu, yang akan mengganti pekerjaanmu sekarang? Alangkah baiknya untuk segera mencari pekerjaan yang sesuai passion kamu.

Setelah mendapat pekerjaan baru, jangan terburu-buru untuk resign dari pekerjaan lamamu. Gali terus potensi-potensi yang akan didapatkan dari pekerjaan barumu. Jalankan untuk beberapa saat. Jika kamu merasa sudah saatnya resign dari pekerjaan lamamu, segeralah untuk mengambil keputusan. Keputusan selalu di tangan kamu.

Satu lagi, demi mencegah kamu 'terjatuh' ketika dalam masa transisi, alangkah baiknya untuk secara rutin menabung dari penghasilan pekerjaan lamamu. Itulah opini saya tentang orang yang bekerja tidak sesuai dengan passion. Bekerjalah sesuai dengan passion kamu.


Carilah pekerjaan yang benar-benar kamu sukai dan jadikanlah pekerjaan itu bagian dari gaya hidup kamu. Jangan bedakan antara gaya hidup dan pekerjaan.


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya