Apa itu computer? Computer adalah sebuah perangkat electronic yang menipulasi informasi, atau sebuah data. Computer memiliki kemampuan untuk penyimpan sesuatu secara digital, mengambil sesuatu dari internet dan sebagia nya, dan dapat memperoses sesuatu yang kita peroleh. Selain itu computer dapat digunakan untuk mengetik dan membuat dokumen, mengirim email untuk semua orang, bermain game, dan browsing di internet untul memperoleh sebuah skill untuk mempertingkat pengetahuan dan informasi sosial.

Computer mempunyai 2 jenis yaitu bernama hardware dan software tetapi kedua tersebut saling berintergrasi satu sama lain. Karena jika tidak ada hardware maka tidak ada software yang dapat mensupport atau yang dapat menyambung ke software tersebut. Hardware adalah sebuah fisik atau komponen komputer, seperti monitor untuk melihat layar, keyboard untuk mengetik dokumen atau melakukan activitas, speaker untuk mendengarkan video ataupun musik, mouse untuk menggerakan dan memilih beranda di komputer.

Advertisement

Motherboard untuk menaruh komponen yang lain, ram untuk menghitung kecepatan dalam komputer, CPU untuk membuat komputer bekerja dan memproses aplikasi yang yang dibutuhkan untuk bekerja, heatsink untuk mendingini CPU, kartu grafis untuk memproseskan kinerja dalam komputer dan dapam menjalankan program – program yang dipakai, PSU atau power supply untuk menghidupkan komputer, dan yang terkahir adalah case komputer untuk menaruh semua komponen untuk membuat komputer tersebut hidup.

Kedua adalah software maka software adalah sebuah program yang digunakan untuk membuat sebuah produk dalam digital. Untuk didefinisikan sebagai suatu perangkat lunak pada computer yang berfungsi untuk men dukung kinerja dari perangkat hardware computer. Software sebagai suatu data yang di sengajakan ri rancang untuk membuat dan memproduksi secara digital.

Dengan software maka kita dapat men surfing, bermain game, online chatting, dan lain – lain. Software mempunyai tujuh jenis yaitu shareware, freeware, commercial software, firmware, malware, free software, dan open source software.

Advertisement


  1. Shareware adalah sebuah software yang telah disediakan untuk user memakai software tersebut tanpa melakukan pembayaran untuk memakai nya.

  2. Freeware adalah sebuah perangkat yang tidak perlu membayar untuk memakai selama – lama user menggunakan nya seperti blog, weebly, wix, dan lain – lain.

  3. Commercial software adalah sebuah jenis software yang berbayar untuk memakai nya. Commercial software untuk mempromosikan sebuah product atau program yang lain untuk user merasa tertarik untuk mempromosikan product nya.

  4. Firmware adalah merupakan suatu aplikasi yang menempel atau mengacuh secara tersimpat pada program tersebut dengan file PDF atau file read only. Maka file tersebut tidak dapat diubah maupun di modifikasi.

  5. Malware adalah merupakan gabungan pada dua kata yaitu malicious dan software. Software Malware adalah merupakan sebuah perangkat yang di rancang dengan orang untuk menghancurkan perangkat – perangkat yang lain seperti virus digital.

  6. Free software adalah sebuah web yang dapat di copas atau copy paste dan dilihat untuk para user dari publisher.

  7. Open source software adalah salah satu software yang di bentuk dengan kode yang terbuka. Oleh sebab itu, software yang bebas disebar untuk user – user yang lain.

Maka dengan kedua software dan hardware saling berinteraksi satu sama lain maka jika tidak ada hardware komputer maka tidak ada penciptaan software. Jika tidak ada software maka hardware tersebut tidak ada guna. Selain itu software tersebut dapat meningkatkan pola pikir masyarakat untuk lebih berinovatif dan lebih berkreatif mengenai design mau pun create.

Dengan kedua hardware dan software dapat membantu sosial untuk lebih berinteraksi dengan masyarakat dan teknologi untuk masa depan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya