Orang tua merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pendidikan anak, karena pusat pendidikan yang pertama adalah lingkungan keluarga. Di dalam lingkungan keluarga, kepribadian anak mulai terbentuk dengan menirukan tingkah laku orang tua dari segi bicara, sopan santun, dan disiplin. Mungkin banyak orang tua yang kurang paham akan hal ini, sehingga saat ini banyak kenakalan remaja yang disebabkan karena kurangnya perhatian orang tua kepada anaknya.

Orang tua seharusnya memperhatikan tentang hal ini agar tujuan pendidikan bagi anak terwujud dan semua itu harus di mulai sejak dini. Mungkin banyak orang tua yang mampu memenuhi kebutuhan materi anak tetapi kebutuhan pendidikan tidak pernah tercapai. Anak dibiarkan saja tumbuh tanpa tuntutan norma yang pasti, terkadang hal demikian tidak disadari oleh orang tua.

Advertisement

Contoh dalam kasus ini seperti di kota-kota besar yang banyak remaja salah jalan dalam pergaulannya, saat usia seperti mereka hanya butuh perhatian dan kasih sayang orang tua tetapi lagi-lagi orang tua hanya memikirkan kesenangan materi anaknya tercukupi. Hingga terjadi kasus penyalah gunaan narkoba dan yang menjadi korban adalah para remaja, sehingga pendidikan dan impian masa depan meraka untuk membanggakan orang tua malah hilang.

Tidak hanya masalah narkoba, kenakalan remaja yang disebabkan kurangnya perhatian orang tua adalah maraknya anak-anak jalanan atau sering disebut sebagai anak punk. Pernah terjadi kasus hilangnya remaja putri asal Bojonegoro yang setelah beberapa hari dicari, ternyata remaja tesebut ikut segerombolan anak punk yang hendak menonton sebuah konser. Dalam kasus ini orang tua seharusnya lebih memperhatikan pergaulan anaknya, karena usia remaja adalah usia di mana teman adalah segalanya.

Dengan demikian peran anak sebagai generasi penerus bangsa menjadi hancur karena pendidikan mereka yang telah rusak karena kenakalan remaja, dan dalam hal ini orang tua hanya bisa menyalahkan anak tanpa berpikir bahwa dirinya juga salah satu penyebab terjadinya kenakalan anak tersebut.

Advertisement

Jadi, mulai sekarang perhatikan anak anda agar tidak terjerumus ke jalan yang sesat. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya