Banyak orang berpikir bahwa kegiatan muncak atau menaiki gunung adalah hal yang paling sulit. Karena membutuhkan banyak persiapan mental maupun materi agar saat perjalanan atau sampai tujuan tidak geger karena kehabisan persediaan. Bukanlah barang murah dan praktis yang wajib dibawa melainkan barang yang sangat ribet bagi para pemula. Berikut ini barang yang perlu dibawa saat kamu mendaki gunung :

1. Big Bag atau Carrier dengan muatan 60 liter

Advertisement

Semakin besar tas yang dibawa maka akan semakin banyak barang yang dapat dimasukkan didalamnya. Memang saat menata barang sangatlah banyak yang akan dibawa khususnya untuk para ladies. Memang boleh membawa banyak tapi perhitungkan juga bagaimana saat menggendong tas dengan muatan barang berkilo liter tersebut, jangan sampai merepotkan teman yang lainnya.

2. Sepatu atau Sandal Desain Khusus Untuk Mendaki

Jalanan untuk mencapai puncak gunung tidaklah semulus jalan raya yang biasanya dilewati orang yaitu bukan aspal melainkan pasir dengan bongkahan bebatuan yang dipijaki. Terlebih lagi pada saat hujan, jalan atau medan pendakian akan sangatlah licin dan sering membuat para pendaki terpeleset. Untuk itu telah di ciptakan sepatu atau sandal yang dikhususkan untuk melangkah melewati terjalan arah gunung yang penuh hutan lebat.

Advertisement

3. Kompor Kecil atau Nesting untuk memasak di gunung

Untuk menghilangkan rasa lapar dan menambah stamina saat melakukan pendakian maka dituntut untuk makan makanan yang mengenyangkan. Terlebih lagi hawa gunung yang sangat dingin membuat tubuh para pendaki tidak kuat apabila tetap dipaksakan. Maka untuk itu diperlukan kompor dengan ukuran kecil yang sangat ringan agar para pendaki dapat membuat minuman panas atau makanan rebus seperti kopi, teh dan mie instan untuk menghangatkan.

4. Gunakan Jaket Berbahan Parasit

Saat mendaki gunung sangat dianjurkan menggunakan jaket berbahan parasit karena jika mengenakan jaket berbahan katun, wool dan lainnya bisa jadi basah karena embun dan membuat badan jadi berat sehingga dapat membuat perjalanan tersendat saking dinginnya.

5. Hindari Celana Ketat atau Jeans, Usahakan Longgar

Melakukan perjalanan yang berkilo meter tidaklah mudah jika menggunakan celana yang ketat dan membuat kaki membawa beban yang sangat berat terlebih lagi celana jeans yang basah. Selain itu menggunakan celana pendek sangat tidak dianjurkan walaupun ada beberapa pendaki laki-laki yang memakainya untuk mengikuti trend.

6. Gunakan Sleeping Bad Layaknya Kepompong

Tidur di alam terbuka bukanlah hal yang sepele. Hawa dan suhu yang dibawah rata-rata dapat menyebabkan hypothermia bagi orang yang tidak kuat dengan suhu mendekati minus tersebut. Biasanya para pendaki yang tidak mau rempong hanya mau membawa sarung dengan alasan simple. Tapi sangatlah disarankan membawa SB agar suhu badan tetap stabil.

7. Yang Paling Penting Membawa Tenda

Kapasitas muatan tenda yang berbeda-beda memungkinkan para pendaki membawa tenda yang sangat besar agar bisa bebas bergerak saat tidur dan tidak merasa sempit. Ketahuilah bahwa semakin besar tenda maka semakin berat dan semakin kecil tenda yang dipakai dengan jumlah orang yang banyak membuat badan terasa hangat.

Jadi bawalah barang yang penting dan memang dibutuhkan saat melakukan pendakian dan tatalah serapih mungkin agar tidak repot membawanya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya