Indonesia merupakan negara yang terletak di Garis Khatulistiwa, dimana setiap tahunnya selalu disinari oleh matahari. Berjenis klim tropis membuat Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Laut yang kaya, tanah yang subur, serta hutan yang makmur dapat mencukupi rakyatnya apabila dapat diolah dengan baik serta manajemen yang benar.

Kini Indonesia mulai memanfaatkan kekayaan alam yang dimiliki, seperti mengolah batubara, minyak bumi untuk bidang industri maupun menunjang kegiatan sehari-hari, contohnya listrik yang berasal dari batubara, dan minyak bumi yang diolah agar menjadi bahan bakar untuk transportasi darat maupun laut.

Advertisement

Namun dengan bertambahnya usia bumi, lalu alamnya yang setiap hari diserap oleh manusia dengan manajemen yang kurang baik menyebabkan kekayaan alam yang ada juga dapat cepat habis, ditambah lagi kita memanfaatkan kekayaan alam yang sifatnya tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi dan batubara.

Apabila kita menggunakannya terus menerus dapat mengakibatkan kepunahan, dan generasi selanjutnya tidak dapat merasakan manfaatnya juga. Selain itu perubahan iklim dengan meningkatnya suhu rata-rata global atau disebut Global Warming disebabkan oleh penggunaan bahan bakar fosil yang mengeluarkan gas rumah kaca dan polusi udara secara menyeluruh.

Nah, sekarang ini pemerintah Indonesia sedang mencanangkan Energi Baru Terbarukan, Energi terbarukan merupakan energi yang berasal dari proses alam yang berkelanjutan seperti energi yang berasal tenaga angin, tenaga air, biomasa, panas bumi, dan tenaga surya untuk digunakan sebagai pembangkit listrik.

Advertisement

Karena diperkirakan cadangan batubara global akan habis sekitar 112 tahun kedepan, dan cadangan batubara Indonesia diperkirakan habis kira-kira dalam 83 mendatang apabila tingkat produksi saat ini diteruskan. Begitupula minyak bumi yang akan habis dan sering mengalami kenaikan harga sehingga menyebabkan kelangkaan.

Namun, pada kenyataanya energi terbarukan juga memiliki dampak buruk bagi lingkungan, baik berupa emisi yang dihasilkan ke udara, penggunaan lahan, penggunaan air, dampak pada makhluk hidup dan kesehatan serta masyarakat. Dampak yang ditimbulkan pada kenyataannya tidak sebanding dengan dampak positif dari pembangkit energi terbarukan.

Sehingga pemanfaatan energi terbarukan untuk listrik menawarkan keuntungan bagi kesehatan masyarakat yang signifikan apabila dibandingkan dengan energi fosil. Energi terbarukan merupakan solusi dalam mengatasi permasalahan energi dan lingkungan yang dihadapi dunia saat ini. Pada dasarnya setiap teknologi dan pilhan sumber energi selalu memiliki dampak buruk bagi manusia, alam dan makhluk hidup. Namun, skala dari dampak tersebut lah yang harus diperhatikan.

Energi terbarukan merupakan energi yang memiliki dampak negatif yang jauh lebih sedikit dibandingkan energi fosil serta manfaatnya juga menjadi penguat bahwa energi terbarukan adalah energi untuk saat ini dan masa depan. Di Indonesia pemanfaatan energi terbarukan sendiri masih rendah dan tertinggal dengan negara lain.

Namun sekarang mulai banyak emiten energi terbarukan, termasuk emiten dari batubara yang juga berencana menjadi emiten energi terbarukan dengan memanfaatkan lahan bekas tambang batubaranya sebagai lahan pengembangan energi panel surya. Dengan ini alam di Indonesia dan keberlangsungan hidup bumi dapat diselamatkan, selain itu energi terbarukan juga bermanfaat untuk perekonomian Indonesia yang berubah menjadi ekonomi berkelanjutan, ekonomi Indonesia tidak hanya kuat tapi dapat bertahan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya