PUDARNYA ETIKA GENERASI MUDA

Sopan santun merupakan aturan kehidupan yang lahir dari pergaulan suatu kelompok. Dalam hidup bermasyarakat, khususnya masyarakat desa, sopan santun sangat penting untuk dilakukan. Bagi masyarakat pedesaan, sopan santun merupakan hal paling pokok untuk diterapkan pada kehidupan bermasyarakat. Masyarakat desa juga lebih peka terhadap orang disekelilingnya yang mempunyai kepribadian buruk seperti tidak adanya rasa sopan santun, baik sopan terhadap orang sebayanya, orang yang lebih tua, bahkan orang yang lebih muda. Apabila kita sekali saja melanggar norma kesopanan, maka kita akan mendapat sanksi dari masyarakat. Misalnya dikucilkan, mendapat celaan, hinaan, bahkan diasingkan. Tidak hanya dimasyarakat saja, sopan santun harus kita terapkan pada kehidupan baik disekolah maupun diluar sekolah.

Advertisement

Dengan adanya norma kesopanan yang kuat pada diri kita, maka kita akan lebih dipercaya dan orang lain akan menganggap kita lebih bijak dan bertanggung jawab. Dengan sebaliknya, apabila kita bertindak atau berperilaku yang menggambarkan tidak adanya rasa sopan santun terhadap orang lain, maka orang lainpun akan menganggap kita egois.

Akan tetapi pada zaman sekarang ini, norma kesopanan sudah mulai hilang pada kalangan remaja, baik kalangan remaja masyarakat kota maupun desa. Bisa dibuktikan pada perilaku anak remaja sudah mulai berperilaku dengan keinginannya sendiri. Sudah banyak remaja yang lupa akan kesopanan. Dari situlah anak remaja jauh akan kesuksesannya. Karena adanya sopan santunlah kita akan lebih mudah mendapat pekerjaan yang sesuai dengan yang kita inginkan. Maksudnya, dengan berperilaku sopan orang lain akan lebih segan menerima kita.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya