Hidup emang nggak selamanya sesuai dengan apa yang kita mau. Bahkan itu hal sepele, hal kecil kalau bukan itu yang Allah mau, kita bisa apa. Kejadian itu mengajarkan kepada kita agar seperti apa pun kata Allah hasil akhirnya kita harus tetap berusaha dan berdoa. Kita pernah berfikir kan pasti “kadang ketika gue usahain sesuatu mati-matian gue nggak ngedapetin itu tapi kadang justru disaat gue seperti tidak niat sama sekali dengan satu hal gue malah bisa berhasil disitu, hidup kadang selucu itu”.

Sebenernya nggak selucu kedengerannya, boleh jadi ketika kita udah berusaha mati-matian untuk ngedapetin sesuatu dan gagal, itu pertanda ada do’a kita di masa lalu yang meminta untuk dijauhkan dari hal yang kita kejar sekarang makanya Allah nggak langsung mengabulkan yang sedang kita kejar, boleh jadi niat dalam hati kita masih salah, dan boleh jadi ketika Allah mengabulkannya sekarang kita justru menyalahgunakannya makanya ditahan dulu sama Allah. Nah, di waktu kamu biasa saja dengan sesuatu lalu kemudian berhasil itu karena ada do’a dari orang-orang sekitarmu yang dikabulkan, bisa juga karena Allah memang sudah mencatatkan hal itu untuk menjadi milik kita dan kebetulan kita sedang mengejarnya sekarang makanya Allah mudahkan berkali-kali lipat. Udah, apa kata Allah aja deh, serahin semuanya ke Allah pasti dikasih yang terbaik kok.

Rencana Allah memang yang terindah, kalo kita mau merenungkan sebenanarnya banyak sekali maksud baik dibalik terjadinya peristiwa yang kita alami sekecil apapun itu peristiwanya. Yang ketika sudah direnungkan nggak ada lagi alasan untuk tidak berucap “Alhamdulilah Ya-Allah” . Disaat kita berusaha berangkat kekampus dengan tepat waktu namun ada saja halangannya yang membuat akhirnya kita terlambat pergi, sangat kesal rasanya bukan. Tapi apakah masih kesal ketika tau ternyata tepat diwaktu kamu gagal berangkat kekampus ada sebuah kecelakaan mobil yang dikendarai oleh supir mengantuk “maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan”. Ketika kita pernah kehilangan sebuah ponsel dan menyesalinya teramat dalam lalu apakah masih menyesal bila ternyata 2 minggu kemudian kamu dinyatakan diterima kerja diperusahaan ternama yang sedari SMA kamu idam-idamkan. Sungguh Allah penulis skenario terbaik yang pernah ada.

Kalau hidup udah bergantung ke Allah, apa-apa mintanya ke Allah, ada masalah Apa-apa curhatnya ke Allah sudah yakinlah nggak akan ada kekecewaan didalamnya,nggak akan ada. Jangan sekali-kali berharap dengan selain Dia apalagi kepada manusia.