Halo Sobat Hipwee! Gimana kabarnya semua? Pasti baik-baik aja kan semuanya?

Well, sobat semua pasti tahu kan dengan negara Inggris? Yup, Inggris merupakan salah satu negara maju di dunia dan merupakan bagian dari Kerajaan Britania Raya atau United Kingdom. Nah sobat udah pada tau belum serba-serbi dan hal-hal unik yang ada di Inggris dan sekitarnya? Kalau belum, yuk simak tulisan dibawah ini.

Advertisement

Sejarah Britania Raya

Kerajaan Britania Raya didirikan pada tanggal 1 Mei 1707 melalui sebuah undang-undang yang bernama Undang Undang Kesatuan dan terdiri dari 4 negara, yaitu Inggris yang beribukota di London, Irlandia Utara yang beribukota di Belfast, Skotlandia yang beribukota di Edinburgh dan Wales yang beribukota di Cardiff.

Selanjutnya undang-undang kesatuan tersebut diresmikan kembali oleh Parlemen Inggris dan Skotlandia pada 1 Januari 1801 dan pada tanggal 12 April 1922, Undang-Undang Kesatuan diperbarui berdasarkan sebuah perjanjian yang bernama Perjanjian Inggris-Irlandia.

Advertisement

Dan hingga sekarang Inggris dipimpin oleh Ratu Elizabeth II dan Perdana Menteri nya bernama Theresa May.

Budaya

Budaya di Inggris dan Britania Raya tidak lepas dari budaya Musik, Perfilman, Kesenian, Sastra dan lainnya. budaya sastra yang populer berasal dari penulis-penulis terkenal yang sudah mendunia, seperti misalnya J.K. Rowling yang menulis novel Harry Potter dan merupakan salah satu novel terlaris dan best seller di dunia serta novel yang paling diminati oleh anak-anak dan remaja di seluruh dunia loh!

Selain itu dalam dunia musik, lagu-lagu di Inggris dan Britania juga sangat bervariasi, mulai dari aliran Pop, Jazz, Rock sampai Blues pun ada. beberapa penyanyi dan musisi yang berasal dari Ingggris seperti Adele Laurie Blue Adkins atau biasa dipanggil Adele yang menyanyikan lagu-lagu seperti Someone Like You, Hello, All I Ask dan lain-lain, dan Elena Jane Goulding atau Ellie Goulding yang menyanyikan lagu Lights, Burn, Love Me Like You Do dan lain-lain, telah menjadi penyanyi sukses dan terkenal dalam skala internasional.

Perfilman di Inggris sendri juga sudah mendunia lo sobat Hipwee, seperti The Dark Knight, Skyfall, Shaun of The Dead dan lain-lain, tidak hanya itu, di inggris juga ada serial TV yang dibintangi oleh komedian, Charlie Chaplin yang sangat lucu dan kocak.

Sedangkan kesenian di Inggris didominasi oleh Seni Rupa dan hasil karya seninya dapat dilihat di National Galllery, London dan ada beberapa perguruan tinggi di Britania yang khusus mempelajari mengenai seni seperti University of The Arts London dan Glasgow School of Art.

Kuliner

Ada yang bilang kalau Inggris dan Britania Raya adalah surganya kuliner, memang julukan itu nggak berlebihan sih, karena di Inggris sendiri banyak sekali makanan khas yang mempunyai citarasa yang sangat lezat, seperti misalnya Black Pudding, Muffin, Fish and Chips, Cheddar Cheese dan banyak lagi.

Kalau lagi di Inggris kalian harus dan wajib mencoba semua hidangan itu (nggak semua nggak apa-apa sih yang penting nyobain) ya karena kalau nggak pastinya nggak lengkap dan sayang banget kan, udah jauh-jauh liburan ke Inggris tapi kalau nggak nyobain kuliner di sana pasti rugi banget hehe… Oleh karena itu sobat harus nyicipin makanan di sana yaa.

Tapi jangan khawatir, harga makanan di Inggris cukup terjangkau kok, dan juga makanan-makanan ini dapat dijumpai di berbagai restoran di Inggris, jadi tenang aja kalian pasti bakalan kenyang kok, hehe

Wisata

Banyak sekali tempat wisata yang di UK, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata budaya hingga wisata religi ada lo, seperti misalnya Big Ben, London Eye, Windsor Castle, Stonehenge, Buckingham Palace, National History Museum, Lake District, Tower of London, Tower Bridge, Victoria and Albert Museum dan masih banyak lagi tentunya.

Untuk yang satu ini sobat Hipwee wajib banget buat ngunjungin salah satu tempat wisata diatas, karena tujuan kita pergi ke Inggris kan buat berlibur dan mengekplorasi tempat-tempat disana ya agar tau dan hafal tempat-tempat di Inggris. oleh karena itu sobat Hipwee harus pergi ke tempat wisata yang mana masing-masing tempat wisata itu memiliki daya tarik dan ciri khas serta keunikan tersendiri.

Seperti misalnya Big Ben yang mempunyai daya tarik berupa lonceng dan jam raksasanya, lalu ada Stonehenge yang memiliki keunikan berupa susunan dan rangkaian batu besar pada zaman pra sejarah dan ada pula London Eye yang memiliki ciri khas sebagai salah satu bianglala tertinggi di dunia. Sangat menakjubkan kan?

Tetapi sobat juga harus siap-siap buat ngeluarin budget yang nggak sedikit ya, hehe… karena biaya masuk ke tempat wisata di Inggris sangat bervariasi, jadi sobat Hipwee harus pandai-pandai menggunakan dan mengelola uang ya

Tidak hanya itu, berlibur ke Inggris bisa juga menjadi salah satu pilihan alternatif terbaik lho, karena tempat-tempat di Inggris dan Britania Raya sangat nyaman dan menarik untuk dikunjungi sehingga sobat bakalan betah berlama-lama liburan disini.

Hal ini dibuktikan dengan lingkungan di berbagai sudut kota dan desa di Britania Raya yang tertata dengan sangat baik, rapi, asri dan rindang sehingga terlihat sangat nyaman untuk ditinggali dan dikunjungi, lalu juga suhu udara disana yang relatif dingin membuat kita harus sering memakai pakaian tebal dan jaket agar tidak kedinginan, oleh karena itu sobat jangan lupa untuk membawa banyak pakaian hangat ya kalau mau liburan ke sana.

Akomodasi dan Transportasi

Well, zaman sekarang teknologi sudah sangat canggih kan sobat Hipwee, so kalian nggak perlu ribet bin ruwet lagi buat pergi ke Inggris karena sudah tersedia berbagai macam transportasi dan akomodasi buat pergi ke sana.

Di Inggris sendiri ada penerbangan yang langsung terbang dari London menuju Jakarta dan sebaliknya dan kita bisa memesan tiket secara online melalui aplikasi di Play Store dengan mudah. Lalu infrastruktur disana juga terbilang sangat lengkap dan memadai, mulai dari moda transportasi darat seperti bus, busway, kereta api, Light Rapid Transit (LRT), Mass Rapid Transit (MRT), monorail, Kereta Rel Listrik dan kereta api bawah tanah sampai moda transportasi laut dan udara seperti kapal laut dan pesawat terbang.

Untuk akomodasi, sobat Hipwee harus pintar dalam mengelola keuangan ya, karena harga hotel dan penginapan di Inggris dan Britania sangat bervariasi, mulai dari yang paling murah sampai mahal sekalipun ada disini. oleh karena itu bijaklah dalam memilih hotel untuk menginap agar sisa biaya yang dimiliki dapat digunakan untuk pergi berwisata, berbelanja oleh-oleh khas Inggris dan lain-lain.

Jadi, tunggu apalagi sobat? Yuk liburan ke UK agar rasa lelah dan stress bisa hilang setelah aktivitas yang kita lakukan setiap hari juga mengurangi rasa penat dan suntuk loh, karena Inggris adalah opsi yang paling tepat jika ingin refreshing dengan lingkungan yang nyaman dan sejuk.

Okay sobat Hipwee, sampai ketemu di sana!

#AyoKeUK

#WTGB

#OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya