Kehidupan dipenuhi dengan jalan, arah dan tujuan. Dibalik jalan kehidupan yang kau ambil di situ ada arah dan tujuan, dibalik arah kehidupan yang kau pilih juga di situ ada jalan dan tujuan begitu pula ketika kau menentukan tujuan hidup, kau harus memilih jalan dan arah untuk sampai pada tujuan hidupmu.

Sekilas saya berpikir hidup ini seperti sebuah labirin dengan penuh jalan dan arah yang membingungkan dan tidak sedikit pula jalan buntu yang akan ditemui. Ketika dihadapkan dalam sebuah pilihan disana hanya terdapat jalan dan arah tanpa tujuan yang belum pasti.

Advertisement

Memang tidak mudah bahkan sangatlah sulit untuk keluar dari perangkap labirin seperti di film-film laga yang penuh dengan perjuangan ketika terperangkap didalamnya.

Begitulah kehidupan ini berjalan, jika kehidupan ini hanyalah sebuah jalan yang lurus maka sangatlah mudah untuk mencapai tujuan tanpa adanya penyesalan, putus asa dan pengorbanan. Terlintas saya ingin hidup ini seperti sebuah jalan yang lurus itu, bukan tanpa sebab ini karena begitu banyak penyesalan dan putus asa ini yang seakan membuat semakin rumit labirin kehidupan ini.

Jika sebuah penyesalan dan putus asa seakan membuat labirin ini terasa semakin rumit, mengapa harus merasakan penyesalan dan putus asa itu. Maka terimalah jalan yang terpilih, itu hanya akan membuka bagi jalan baru yang harus dipilih selanjutnya dan janganlah menerima rasa penyesalan dan putus asa karena hanya akan membuat jalan buntu diantara jalan yang rumit itu.

Advertisement

Seperti kehidupan yang selama ini berjalan sampai dengan saat ini. Mengapa harus disini dan mengapa harus seperti ini? Tentu itu semua sebab dari jalan yang dipilih dalam labirin kehidupan ini sebelumnya. Penyesalan dan putus asa hanya akan membutakan pandangan, seperti ketika berjalan dalam gelap, tanpa arah dan tujuan.

Enyahkanlah semua penyesalan dan putus asa lalu bukalah pandangan mu dan piihlah jalan mu seperti kau memilih jalan yang selama ini kau pilih dan berjalan di atasnya.

Setiap jalan yang dipilih memiliki alur hidupnya masing-masing jangan berpikir menyesal ketika telah memilih jalan ini karena belum tentu jalan yang kau anggap lebih baik itu akan lebih indah. Semuanya memiliki keindahan masing-masing itulah mengapa setiap jalan ini berbeda.

Tetaplah memilih jalan mu sendiri karena itulah yang akan mengatarkanmu ke dalam pintu keluar yang kau harapkan. Labirin hanyalah jalan lurus yang berkelok-kelok.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya