Kondisi cuaca bersuhu panas tetapi terkadang diselingi hujan ini dapat memicu beragam penyakit. Hal itu karena seringnya terjadi perubahan cuaca dari terik matahari yang panas di musim yang sudah masuk pada kemarau menjadi hujan dan udara yang tiba-tiba dingin dan suhu sering berganti. Pagi dan malam hari yang biasanya dingin menjadi terasa sangat panas. Perubahan cuaca yang drastis ini tentu saja membuat tubuh harus pandai beradaptasi dengan cuaca. Untuk itu dibutuhkan stamina yang fit. Jika tidak, tubuh menjadi kurang dapat beradaptasi. Inilah yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit terutama bagi mereka yang sering bekerja keras dan kurang beristirahat. Akan menimbulkan berbagai penyakit seperti demam, flu, diare.

Diare
Di peralihan musim kemarau ke musim hujan, kasus penyakit ini menjadi tinggi lantaran banyaknya debu dan kotoran. Penyakit ini juga sangat erat kaitannya dengan pola konsumsi makanan. Sebab penyakit ini umumnya disebabkan kuman atau virus yang biasa mencemari makanan dan minuman.

Cara mencegah:

Jaga kebersihan. Pastikan setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut adalah yang terjamin kebersihannya. Artinya, selain harus lebih higienis dalam mengolah dan menyiapkan makanan di rumah, sebaiknya jangan jajan sembarangan.

Demam dan flu

Advertisement

Dua gangguan kesehatan ini paling rentan menyerang di musim pancaroba. Ini bisa jadi lantaran baru di musim pancaroba. Sebaiknya jangan disepelekan, gangguan ini merupakan gejala bahwa tubuh tengah membangun pertahanan melawan infeksi. Lebih tepatnya, demam bisa merupakan gejala aneka penyakit. Mulai infeksi ringan sampai yang serius.

Cara mencegah:

Menjaga asupan makanan. Nutrisi yang cukup dan minum air putih yang banyak akan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Berikut ini adalah solusi agar tubuh tetap fit di tengah cuaca yang kurang bersahabat :

1. Konsumsi makanan bergizi. Daya tahan tubuh yang baik selain butuh makanan yang cukup jumlahnya, juga harus memenuhi semua unsur gizi yang dibutuhkan tubuh yaitu : karbohidrat, lemak,protein,vitamin,dan mineral. Istirahat yang cukup. Tidur 6-8 jam sehari. Kurang istirahat dapat menurunkan daya tahan tubuh kita.

2. Sempatkan berolahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu selam 30 menit.

3. Konsumsi minuman sulpemen yang tepat.

4. Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari.

5. Menjaga kebersihan makanan dan minuman.

6. Bila terjadi keluhan yang serius, segera pergi ke dokter.