Hi There! bicara soal minat dan bakat, banyak dari kita dapat mengetahuinya dengan mudah, tetapi tidak sedikit juga yang masa bodoh dengan hal itu, karena untuk sekedar belajar saja mereka sudah malas apalagi untuk tau soal minat dan bakat. Menurut sebagian orang hal itu menjadi penting agar bisa lancar menjalani hidup ke tahap selanjutnya, seperti kuliah misalnya. Tapi sayangnya tak semua orang juga berpikiran demikian. By the way, ngomongin soal kuliah. Lalu bagaimana dengan mereka yang tak tau mengenai bakat dan minta mereka, sehingga pada akhirnya mereka tetap harus melanjutkan step selanjutnya, kuliah dengan alasan ikut teman, saran orang terdekat atau bahkan obsesi orang tua.

Tak ada yang salah dengan hal itu, setidaknya mereka punya kemauan untuk lanjut ke step selanjutnya, sama seperti banyak orang yang memilih untuk kuliah. Bedanya, mereka tida tahu apa bakat dan minat mereka serta tidak tahu apa yang sebenernya akan mereka hadapi didunia perkuliahan. Memilih kuliah karena Obsesi orang tua pun tak salah, positifnya mereka ini orang yang berbakti kepada orangtua, serta tangguh menjalani penentangan terhadap kehendak diri sendiri, bagus bukan? notabenenya tak ada orangtua yang menjerumuskan anaknya ke arah yang lebih buruk.

Advertisement

Sesuatu yang tidak sesuai dengan harapanmu, jurusan yang tidak sesuai dengan keinginanmu. Hidup tak selalu tentang apa yang kamu pikir, kamu benar benar mengingikannya, bisa saja kamu pikir hal itu sangat kamu inginkan hanya karena tak ada pilihan lain atau malah karena kamu yang tak ingin melihat pilihan lain. Lantas hal diatas tadi, bukan menjadi alasan kamu untuk malas kuliah.

Sekarang yang jadi masalah, kamu merasa jadi korban atas pilihan yang kamu buat sendiri. Sebenernya, tidak seburuk itu. Cobalah untuk berpikir lebih realistis. Kamu merasa bahwa kamu merasa salah jurusan, bukan begitu? hal itu adalah buah dari pemikiranmu sendiri, jika kamu bisa lebih mengerti terhadap pikirmu sendiri hal itu tidak akan kamu rasakan, atas pikiranmu itu kamu jadinya malas untuk melanjutkan kuliah, untuk hanya sekedar hadir dikelaspun kamu enggan. Sekarang coba pikir, kalo kamu terus stuck jauh tenggelam dengan pemikiranmu itu, kamu pun tak bisa merubah apapun dari jalan hidupmu yang sekarang, lempeng aja seperti ini tak ada yang menarik, bahkan kamu menjadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang). Lalu, bayangkan apa yang akan terjadi kedepannya jika kamu menjadi oranga malas, apa yang kamu lakukan selama ini, tenggelamnya pikirmu yang selalu seperti itu dengan hanya satu masalah yaitu merasa salah jurusan, hingga banyak pula hal penting yang kamu lupakan. Orang tuamu, apa yang kamu kerjakan sekarang, hari ini, itu ada karenanya. Jerih payah mereka membuat mu bisa kuliah, menempatkan dirimu pada posisi saat ini, tanpa kamu sadari apapun yang kamu lakukan itu merupakan ukiran nyata dari apa yang mereka lakukan untuk mu, jika kamu sukses maka itu ukiran nyata dari sukses orangtuamu dalam mendidikmu, tapi jika kamu tidak sukses apakah lantas itu ukiran sepenuhnya dari orantua mu? kurasa tidak, itu adalah ukiran yang kamu tambah dengan bumbu bumbu pikiranmu sendiri.

So, what next? the answer is, your mindset! Cobalah berpikir dari sudut padang yang berbeda dari dirimu yang sekarang. Ada yang bilang

Advertisement


"KALO UDAH BASAH, MANDI AJA SEKALIAN"


aku rasa quote itu memang klasik, tapi ada benarnya juga. Untuk apa kamu hanya merasakan segarnya percikan air, kalo kamu bisa meraskan serunya guyuran air, iya gak? Tantang diri kamu untuk berubah menjadi lebih baik, jika kamu harus bersikeras untuk hal itu, menurutku itu gak masalah, its woth it. Temukan bagaimana kamu harus belajar agar menyenangkan, dengan cara mencoba berbagai model pembelajaran, kalau sudah click maka kamu akan merasakan serunya belajar. Ya meskipun banyak orang bilang belajar itu tidak menyenagkan setidaknya kamu punya cara belajar yang seru dalam versimu sendiri. So, PUSH YOURSELF!

Remember, Banyak orang yang menginginkan untuk berada di posisi mu saat ini, apakah kamu sempat memikirkan hal itu, kuliah di universitas atau jurusan yang awalnya tak kamu inginkan, itu merupakan salah satu mimpi dari seseorang diluar sana, alangkah jahatnya kamu jika kamu dengan acuhnya meremehkan pemberian tuhan kepadamu yang tak semua orang bisa dapat, anggap saja kamu menjadi seorang duta dari impian seseorang tadi dengan mengukir sesuatu yang mereka impian, seru bukan?

Tahukah kamu, alangkah beruntungnya kita yang berkesempatan untuk berkuliah apalagi di Negeri tercinta ini. Aku pernah dengar kalo kuliah di luar negeri itu tidak segampang yang kita pikirkan, selain kuliah kita juga punya tanggaung jawab lain karena kita juga membawa nama negara kita di negara orang lain. So far, apakah kamu masih akan terus tenggelam dengan pemikiranku yang tak bisa merubah apapun. Apa yang kamu rasakan, merupakan ciptaan dari pemikiranmu sendiri, yang bisa mengubahmu adalah dirimu sendirimu. Tak usah takut untuk merasakan guyuran air, selama kamu menjalaninya dengan ikhlas dan rasa syukur akan ada yang selalu menjaminmu, yaitu Tuhan.. Kuasai pikiranmu, jangan biarkan pikiranmu yang menguasai dirimu, mulailah berpikir dengan sudut pandang yang berbeda, maka kamu akan temukan hal hal yang menakjubkan yang harusnya sangat kamu syukuri saat ini.


Dalam semua hal berucap itu mudah, namun tidak dalam eksekusinya. Jadi, kembali pada diri sendiri, inginkan lebih baik atau tidak? Karena semua hal beresiko dan tak semua hal nyaman, namun kitapun harus melilih untuk terus hidup. Jangan lupa sertakan tuhan dalam setiap pilihan yang kamu buat..


Maka bukan hal yang masuk akal lagi jika kamu merasa malas hanya karena kamu merasa salah jurusan. Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya