Harus gak sih "wanita" berpendidikan tinggi?

Banyak yang mengatakan "ngapain cewek sekolah tinggi-tinggi, ujungnya juga di dapur"

Dulu gue salah satu dari mereka yang beranggapan seperti itu saat masih duduk di bangku Smk, ya wajar karena kami di Smk memang di persiapkan untuk langsung terjun di dunia kerja. Dulu kalau ditanya "habis lulus smk mau lanjut kemana?" gue selalu dengan lantang dan bangga jawab "langsung kerja" tapi pemikiran itu lenyap seiring bertambah nya usia dan pengalaman.

Gue bersyukur banget sebagai salah seorang yang "hanya" lulusan smk bisa kerja di berbagai kantor bonafit dengan jabatan yang juga bisa di katakan oke.

Seiring banyaknya pengalaman dan wawasan dari berbagai pemikiran orang yang gue temui gue ngerubah mindset gue.
Gue selalu bicara "Kalau belum bisa meraih pendidikan tinggi, mari kita cari karir setinggi yang kita bisa lakukan kemudian merengkuh pendidikan dengan hasil kita sendiri". Yup! gue bicara seperti itu karena gak semua orang beruntung bisa ngerasain kuliah.

Advertisement

Jadi kalau kalian berpikiran pendidikan tinggi itu gak penting buat cewek atau sebatas hanya untuk cowok, mending mikir lagi! Karena mengejar pendidikan bukan hanya perihal gelar, status, dan gengsi, melainkan untuk menambah wawasan, membuka pemikiran, dan memperluas jaringan.

Beberapa alasan wanita harus berpendidikan tinggi:

1. Cantik VS Ilmu

Salah satu temen gue pernah bilang "gak usah sekolah tinggi-tinggi buat dapet cowok, cukup dandan dan jadi cantik aja". Iya. Memang cowok tertarik dengan cewek cantik, tapi kalau hanya cantik pas diajak ngobrol ga nyambung cowok juga ilfeel kali. Cowok gak akan asal comot untuk milih cewek yang akan jadi ibu bagi anak-anaknya kelak, karena cowok biasanya mau cewek yang terbaik yang jadi pasangan hidupnya. Karena cantik termakan waktu namun ilmu kekal abadi.

2. Butuh Ilmu untuk mendidik anak

Banyak anak-anak yang salah didik dan terjerumus dalam pergaulan yang salah. "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya" pepatah bicara begitu. Mendidik anak bukanlah pekerjaan yang mudah, butuh ilmu untuk melakukan itu semua di jaman melek teknologi seperti sekarang ini. Para ibu harus menguasai dan paham benar akan teknologi agar bisa mengawasi anak-anak mereka supaya tak salah menggunakan internet, seseorang yang cerdas pasti paham benar bahwa apa yang di ajarkan kepada anak sangat berpengaruh terhadap perkembangannya kelak. Karena cara berpikir ibu akan sangat mempengaruhi cara mereka mendidik anak. "Saya gak bisa kasih uang yang banyak untuk anak saya, tapi semoga dengan ilmu yang saya kasih anak saya akan berhasil" ini perkaataan seorang ibu yang pernah gue dengar.

3. Bisa bekerja membantu suami dari segi "financial"

Kita tidak ada yang tau sampai kapan umur dan jabatan suami akan bertahan, seorang cewek yang punya bekal pendidikan bisa bekerja membantu suami. Mereka bisa bekerja di kantor, membuat usaha, dll. Cewek yang punya ilmu pasti akan terus menyerap dan mengembangkan ilmu mereka dalam hal apapun. Contoh; Seorang cewek punya hobi dan keahlian masak, jika ia berilmu ia pasti akan berpikir untuk mengembangkan hobi nya dengan membuka warung makan atau restoran sehingga hobi dan keahliannya tidak terbuang sia-sia. Selain bisa mengembangkan hobi dan keahlian ia juga bisa sekaligus membantu suami dalam financial.

4. Karir VS Keluarga

Banyak yang bilang kalau cewek yang berpendidikan tinggi dan bekerja akan melupakan kodratnya sebagai wanita dan melupakan keluarganya. Cewek yang menyerap dan menerapkan ilmunya dengan baik tahu pasti akan kapan waktunya mereka berkerja dan kapan waktunya mereka jadi istri dan seorang ibu. Setinggi apapun pendidikan dan jabatan seorang wanita bila sudah dirumah ia akan tetap menjadi istri dan ibu yang mengkoordinir urusan rumah tangga, jadi gak adil dong kalau cewek gak boleh berpendidikan tinggi karena takut melupakan kodratnya.

5. Dapat mandiri dan Bertahan

Jika dalam satu waktu cewek dihadapkan dengan posisi yang mengharuskan mereka untuk mandiri dan bertahan dikarenakan suaminya meninggal atau mereka bercerai, cewek yang punya ilmu akan tetap bisa melanjutkan hidup nya dan membiayai anak-anaknya dengan berbekal pendidikan yang ia punya. Menjadi cewek biasa tidak selamanya menyelamatkan lho, terkadang kita harus menjadi luar biasa agar bisa bertahan di dunia yang semakin hari bertambah keras.

6. Tidak mudah ditipu

Cewek yang berpendidikan tinggi juga tidak mudah ditipu, mereka akan tahu jika mereka ditipu dan mereka akan tahu kepada pihak mana mereka akan mengadukan dan meminta solusi bagi setiap permasalahannya.

Kesimpulannya, baik memutuskan untuk berkarir atau menjadi ibu rumah tangga cewek harus mempunyai ilmu dan berpendidikan tinggi untuk kebaikan dirinya, suami, anak-anak dan lingkungan sekitar.

Gak mau denger kan anak kita ngomong "Dulu juga ibu cuma lulusan sma dan gak mau kuliah, jangan nyuruh-nyuruh aku kuliah deh kalau gak pernah ngerasain kuliah". Sebelum ini kejadian mending dihindari deh. Dengan mempunyai pendidikan tinggi kita juga bisa memotivasi pasangan dan tentunya anak-anak kita. Percaya deh ilmu gak akan sia-sia kok. 🙂