Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di dalam Kota Jogja terdapat sebuah kebun binatang yang menyuguhkan berbagai pemandangan menarik seputar pemandangan alam, banyak satwa yang dilindungi, wahana permainan buat keluarga dan berbagai wahana hiburan lainnya.

Kebun binatang yang menyuguhkan hal menarik itu disebut atau dikenal dengan nama Gembiraloka Zoo. Kebun binatang Gembiraloka atau Gembira Loka Zoo merupakan kebun binatang yang terletak di pusat Kota Jogja, berada di antara Jalan Kebun Raya dan Jalan Veteran. Kebun binatang ini telah berhasil menarik banyak wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Gembira Loka Zoo akhir-akhir ini pun mengalami peningkatan yang sangat pesat.

Advertisement

Kebun binatang ini memang mempunyai daya tarik tersendiri sehingga membuat para wisatawan senang untuk berkunjung ke tempat yang penuh dengan wahana permainan ini. Kebun binatang ini kini menjadi salah satu tempat wisata yang sangat diperhitungkan oleh para wisatawan saat berada di Jogja. Selain itu, bisa juga digunakan untuk liburan bersama keluarga!

Pada waktu itu, ide pembangunan Kebun Binatang dan Kebun Raya Gembira Loka atau Gembira Loka Zoo berasal dari keinginan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII. Pada tahun 1933, beliau berencana membangun sebuah tempat hiburan yang dinamakan dengan Kebun Rojo di wilayah Yogyakarta. Hal ini juga semakin diperkuat pada saat usai Perang Dunia ke-2 pada tahun 1949, di mana saat itu Ibukota negara yang dari Yogyakarta kembali lagi ke Jakarta.

Tercetusnya ide untuk membangun sebuah tempat hiburan sebagai kenang-kenangan untuk masyarakat Jogja. Dipelopori oleh Januismadi dan Hadi, SH., ide tersebut disambut antusias oleh masyarakat, namun realisasinya saat itu belum terlihat. Akhirnya, pada tahun 1959, KGPAA Paku Alam VIII menunjuk Tirtowinoto untuk melanjutkan pembangunan Kebun Binatang Gembira Loka.

Advertisement

Dipilihnya Tirtowinoto karena beliau dinilai memiliki kecintaan terhadap alam dan minat yang besar terhadap perkembangan Kebun Binatang Gembira Loka. Sumbangsih Tirtowinoto pada waktu itu tidaklah sedikit, baik dari dalam hal pemikiran maupun dalam material, sebab terbukti beliau mampu membawa kemajuan yang pesat bagi kebun binatang Gembira Loka. Puncaknya pada tahun 1978, koleksi satwa yang dimiliki semakin lengkap dan banyak sehingga pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka saat itu bisa mencapai 1,5 juta orang.

Yuk, jadikan anak-anak zaman sekarang kenal dengan suasana kebun binatang lokal! Berkunjung saja kemari agar liburan ke Yogyakarta lebih berwarna.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya