Acha Septriasa Ungkap Ternyata Hanya Punya Satu Ginjal Sejak Lahir

Berbeda dari manusia pada umumnya, aktris Acha Septriasa hidup dengan satu ginjal sejak lahir. Awalnya ia tidak menyadari kondisi itu meskipun sudah sering mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Advertisement

Baru-baru ini, Acha Septriasa membeberkan kronologi dirinya ketahuan hanya punya satu ginjal. Hal itu terungkap saat ia berumur 18 tahun usai memeriksakan diri ke dokter.

Acha Septriasa sering pingsan dan keluhkan sakit di pinggang bagian kiri

Acha Septriasa hanya punya satu ginjal

Acha Septriasa hanya punya satu ginjal | Credit: YouTube Ngobrol Asix

Acha mengenang saat dirinya baru memulai karier di dunia hiburan saat berumur 15 tahun. Saat itu, aktivitasnya disibukkan dengan shooting dan sekolah. Jadwal yang padat itu membuatnya sering pingsan di lokasi shooting dan merasakan sakit di pinggang bagian kiri.

“Aku itu kan berkaryanya dari umur 15 atau 16. Kalau shooting itu sering pingsan, aku nggak tahu kenapa. Pokoknya kayak udah kecapekan delapan hari, tiba-tiba pingsan aja gitu. Selalu ngeluh sakit di (pinggang) sebelah kiri,” kata Acha, dikutip dari YouTube Ngobrol Asix.

Advertisement

Kejadian itu terulang beberapa kali. Saat di sekolah pun Acha pernah pingsan hingga dilarikan ke rumah sakit.

“Waktu itu lagi sekolah, pingsan dan dibawalah ke rumah sakit. Sampai sana ditanya keluhannya apa. Akhirnya dicari tahu di sebelah kiri itu ada (sakit) apa,” lanjutnya.

Advertisement

Menurut pemeriksaan dokter, ginjal kiri Acha sudah membengkak. Lalu ketika diperiksa ke ginjal sebelah kanan, dokter tidak menemukan apa-apa. Saat itulah terungkap bahwa selama ini Acha hanya memiliki satu ginjal.

“(Saat diperiksa) Oh ini ginjalnya gede banget. Mungkin ada pembengkakan atau apa. Terus dicek ke arah kanan, hah ini kok kosong? Nggak ada ternyata. Di situ baru ketahuan ternyata ini anak hanya memiliki satu ginjal dari dulu,” ungkapnya.

Acha Septriasa harus mengubah pola hidup dengan kondisi satu ginjal

Acha Septriasa ubah pola hidup

Acha Septriasa ubah pola hidup | Credit: Instagram @septriasaacha

Manusia yang hanya punya satu ginjal sebenarnya dapat beraktivitas normal dengan beberapa bentuk penyesuaian agar jangan sampai kelelahan. Seperti Acha, ia akhirnya membatasi jadwal shooting dan keluar dari tim basket sekolah.

“Hidup dengan satu ginjal itu bisa hidup normal tapi memang nggak bisa melakukan olahraga berat, nggak boleh stay up malam sampe pagi karena terlalu capek. Harus minum banyak, kalau bisa sampai 3,5 liter per hari,” kata Acha.

Acha juga sangat menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuhnya. Ia menghindari makanan pedas dan mengandung pengawet. Dokter pun menyarankan agar mengurangi konsumsi minuman kemasan.

Meskipun sempat kaget divonis hidup dengan satu ginjal, sampai saat ini Acha merasa baik-baik saja. Ia berusaha disiplin menerapkan pola hidup barunya agar tetap bisa beraktivitas dengan kondisi tersebut.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE