Ingin Tetap Bermanfaat Setelah Tutup Usia Nanti, Adinia Wirasti Daftar Jadi Pendonor Kornea Mata

Adinia Wirasti donor kornea mata

Sebagai manusia, sudah sewajarnya kita berbagi kepada sesama apa lagi kepada orang yang membutuhkan. Bantuan tersebut bisa dalam bentuk materiil maupun non-materiil. Misalnya aja, beberapa orang punya kegemaran untuk melakukan donor darah. Namun baru-baru ini aktris cantik Adinia Wirasati melakukan langkah yang mulia dengan menjadi seorang pendonor kornea mata.

Advertisement

Menurut penelitian, 1 dari 1000 orang Indonesia mengalami kebutaan akibat kerusakan kornea. Angka tersebut nggak dibarengi dengan kemauan masyarakat untuk mendonorkan kornea matanya dengan berbagai alasan. Alasan yang paling pertama adalah ketidaktahuan masyarakat tentang proses dan prosedur donor kornea itu sendiri.

Adinia Wirasati diberi kepercayaan menjadi duta Help Them To See. Adinia bertugas untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk menjadi calon pendonor

Adinia Wirasati jadi duta help them to see via www.instagram.com

Aktris cantik Adinia Wirasti yang terkenal karena bermain dalam film Ada Apa Dengan Cinta memulai langkah mulia. Ia dipercaya menjadi duta Help Them To See yang digagas oleh Lion Eye Bank Jakarta. Tugas Adinia adalah mengkampanyekan, sekaligus merangkul masyarakat untuk mau menjadi pendonor kornea. Tugas ini cukup berat mengingat masyarakat Indonesia masih asing dengan donor kornea.

Setelah resmi menjadi pendonor, kornea mata Adinia Wirasati akan diambil saat ia meninggal dunia

Adinia Wirasati menjadi pendonor dan korneanya akan diambil setelah ia meninggal via www.instagram.com

Satu hal yang perlu diketahui masyarakat, menjadi pendonor kornea bukan berarti kornea mata diambil saat pendonor masih hidup. Jika kita resmi mendaftar, maka kornea akan diambil tepat setelah kita meninggal dunia. Dalam postingan Instagram pribadinya Adinia mengatakan “Tidak sulit menjadi calon pendonor. Lapisan kornea akan diambil setelah kita tutup usia. Keputusan kita akan berdampak besar bagi teman-teman kita yang membutuhkan penglihatan”. Dan Adinia pun memulai hal tersebut dengan menjadi pendonor kornea.

Advertisement

Seperti yang dijelaskannya, tidak sulit untuk menjadi bagian dari pendonor kornea mata

Cara mendafar sebagai pendonor kornea via www.instagram.com

Dilansir dari Kompas, donor mata diperbolehkan oleh ketentuan agama oleh Majelis Ulama Indonesia. Hal ini karena ada fatwa MUI yang menyatakan halal mendonorkan mata pada tahun 1979 yang ditandatangani oleh ketua fatwa MUI saat itu.

Tidak sulit menjadi seorang pendonor. Adinia Wirasati mengumumkan cara-cara untuk menjadi pendonor di postingan Instagramnya “Tidak sulit untuk menjadi pendonor, cukup mengisi formulir pendaftaran diri dan usahakan orang terdekat tahu mengenai hal ini. Lapisan kornea akan diambil tepat setelah kita tutup usia. Keputusan ini akan berdampak besar bagi teman-teman kita yang membutuhkan penghilatan”.

Advertisement

Masih banyak orang yang salah mempersepsikan donor mata. Dilansir dari Kompas, jika kita mendonor mata, bukan berarti seluruh mata kita diambil, namun hanya bagian lapisan kornea saja. Proses pengambilan kornea dilakukan paling lambat 12 jam setelah pemiliknya dinyatakan meninggal dunia. Orang yang memiliki kelainan mata seperti mata minus dan silindris dilarang melakukan pendonoran.

Nah gimana menurut kalian? Mulia sekali kan menjadi seorang pendonor mata? Dengan mendonorkan mata, kita bisa membantu orang-orang yang membutuhkan.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE