Positif Covid-19 Tanpa Gejala, Afgansyah Reza Bahas Efek Vaksin bagi Tubuh saat Terserang Virus

Afgan positif covid

Pandemi Covid-19 masih belum usai meski berbagai upaya dari masyarakat, pemerintah dan parah ahli terus digiatkan untuk mengatasi dan mencegah penyebaran virus ini. Salah satunya dengan vaksinasi yang sudah mulai dilakukan sejak Januari 2021 di berbagai daerah di Indonesia. Sayangnya masih banyak yang belum sadar akan pentingnya vaksinasi ini. Selain bisa mencegah tertular virus, vaksin juga bisa memberikan perlindungan agar gejala akibat Covid-19 nggak terlalu berat. Seperti yang dialami oleh solois, Afgan Syahreza.

Advertisement

Pelantun lagu “Sadis” ini diketahui sedang melakukan isolasi mandiri di rumahnya karena dinyatakan positif Covid-19 sejak beberapa waktu lalu. Meski sudah mengikuti vaksin, Afgan tetap terinfeksi virus tersebut tapi kondisinya sangat baik. Bahkan ia nggak merasakan gejala yang mengindikasikan terinfeksi virus, sehingga sebagai pasien berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG), Afgan bisa menjalani aktivitas biasa, tanpa perawatan medis selama masa isolasi.

Afgan menghimbau masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin untuk meringankan gejala jika sampai tertular covid-19 seperti yang ia alami

Usai dinyatakan positif covid-19, Afgan membagikan momen isolasi mandirinya di rumah melalui Instagram pribadinya. Afgan mengunggah sebuah video saat ia sedang berolahraga di dalam rumah. Dalam keterangan video tersebut, ia menjelaskan tentang kegiatannya. “Jadi ternyata saya kena covid. Ini hari ke-4 saya (isolasi mandiri) sekarang, dan sejauh ini tidak mengalami gejala apa pun,” tulis Afgan dalam keterangan unggahannya.

Advertisement

Terlihat dari video tersebut, Afgan memang tampak bugar saat melakukan berbagai gerakan exercise. Bahkan ia sama sekali nggak terlihat seperti seorang pasien covid-19. Menurut Afgan, kondisi tersebut karena ia sudah mendapatkan vaksin. “Mungkin karena saya sudah divaksinasi. Jadi semuanya, tolong dapatkan vaksin kalian, karena bahkan jika tertular virus itu, kondisinya nggak akan buruk,” jelas Afgan dalam keterangan tersebut.

Seperti yang dilansir dari laman covid19.go.id, tentang manfaat vaksinasi yang bisa memberikan perlindungan supaya nggak tertular virus. Bahkan, jika kondisi imun turun dan terserang virus, vaksin bisa mencegah sakit yang berat akibat infeksi covid-19 tersebut.

Afgan juga menghimbau bagi pasien tanpa gejala untuk melakukan olahraga ringan supaya hormon endorfin dalam tubuh tetap terjaga

Advertisement

Dalam unggahan tersebut, Afgan juga menjelaskan kegiatan yang ia lakukan seperti pada video. “Jadi, beginilah cara saya tetap bugar selama masa isolasi sendiri, hanya melakukan hal (olahraga) yang ringan dan mudah,” imbuhnya. Afgan memang terlihat melakukan beberapa gerakan seperti push up, mengangkat barbel dengan duduk dan berdiri, serta gerakan simpel lainnya.

Penyanyi 32 tahun ini juga menghimbau bagi para pasien tanpa gejala seperti dirinya jika ingin berolahraga untuk melakukannya dengan hal yang ringan-ringan saja. “Buat kalian yang kena covid tanpa gejala seperti saya, kalau mau olahraga sedikit-sedikit, lakakunlah dengan ringan.” ujar Afgan.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dapat menjaga hormon endorfin dalam tubuh. “Kita hanya ingin endorfin itu terus berlanjut, tapi pasti kita juga nggak mau terlalu lelah,” jelas Afgan. Hormon endorfin memang diketahui bisa membuat seseorang merasa bahagia, mengurangi stres dan rasa sakit. Sehingga sangat penting dijaga, apalagi saat menjalani isolasi mandiri di rumah. Di akhir keterangan video tersebut, Afgan juga menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan tetap semangat bagi yang sedang berjuang melawan virus.

“Yang masih sehat, stay healthy! Dan yang lagi kena covid, semangat ya, cepet sembuh,” tutup Afgan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE