Kabar Duka, Aktris Senior Nani Wijaya Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Pasalnya, aktris senior Nani Wijaya meninggal dunia pada dini hari ini, Kamis (16/3). Kabar tersebut dibertahukan pada publik oleh pihak keluarga, sesaat setelah Nani Wijaya berpulang.

Seperti diketahui, Nani Wijaya memang sudah lama sakit hingga vakum dari industri hiburan. Bahkan, belum lama ini kondisinya menurun hingga harus dilarikan ke Rumah Sakit Fatmawati. Kabar duka Nani Wijaya meninggal dunia ini tentu menyisakan kesedihan, nggak hanya bagi keluarga, dan rekan sesama selebritas, tapi juga masyarakat Indonesia. Pasalnya Nani Wijaya sudah cukup lama berkarya di dunia perfilman Tanah Air dan menjadi hiburan bagi masyarakat.

ADVERTISEMENT

Nani Wijaya meninggal di usia 78 tahun, pada Kamis 16 Maret 2023 pukul 03.28 WIB

Kabar duka meninggalnya Nani Wijaya pertama kali diketahui dari pihak keluarga, yakni disampaikan oleh putrinya Cahya Kamila melalui unggahan di Instagram peribadinya.  Dalam unggahan tersebut, Cahya Kamila mengungkap bahwa sang ibu telah berpulang saat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Fatmawati.

“Innalillahiwainailairojiun, telah berpulang ibunda kami tercinta dengan tenang, Ibu Hj, Nani Widjaya di RS Fatmawati pada 16 Maret 2023, pada pukul 3.28. Mohon dimaafkan segala kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja,” tulis Cahya Kamila pada unggahannya, Kamis (16/3).

Dalam unggahan tersebt, Cahya Kamila juga menyertakan foto Nani Wijaya kala masih sehat, mengenakan busana seba putih dan tersenyum ke arah kamera.

ADVERTISEMENT

Nani Wijaya sempat dilarikan ke rumah sakit karena ada penumpukan cairan di paru-paru dan demensia

nani wijaya

Potret Nani Wijaya sedang berobat ditemani anak dan cucunya | Foto dari Instagram @kartikanani1828

Diketahui sejak tahun 2021, kondisi kesehatan Nani Wijaya sudah menurun hingga ia harus vakum dari layar kaca usai memerankan Oma Risma di sinetron Cinta Mulia. Saat itu kondisi kesehatan Nani Wijaya memang nggak sepenuhnya pulih, meski dirawat di rumah oleh keluarganya. Hingga akhirnya pada awal Maret 2023 ini, kondisi Nani Wijaya menurun lagi dan haru dilarikan ke rumah sakit.

Aktris senior kelahiran 1944 ini mengeluh sesak napas hingga dirawat di Rumah Sakit Fatmawati. Saat itu, Nani Wijaya mengalami penumpukan lendir di paru-paru, tapi nggak bisa dikeluarkan. Kondisi tersebut membuat Nani Wijaya mengalami kesulitan bernapas, hingga harus dipasang alat bantu pernapasan. Hal ini juga disampaikan pihak keluarga, melalui salah satu anaknya Cahya Kamila

“Beliau tidak bisa mengeluarkan slime (lendir) dari paru-paru sehingga sulit untuk bernapas. Karena semakin sulit bernapas, makanya kami sekeluarga sepakan untuk membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif,” kata Cahya Kamila, dinukil dari Detik.

Selain mengalami sesak napas karena penumpukan lenidr di paru-paru, Nani Wijaya diketahui mengalami demensia. Akibatnya, ingatanya semasa dirawat di rumah sakit menurun. Cahya Kamila juga mengungkap bahwa sikap sang ibu seperti anak kecil karena demensia yang dialaminya.

“Daya ingatnya semakin menurun, makin kayak anak kecil. Pasti sedih, tapi karena kondisi ibu sudah seperti itu, tapi karena melihat ibu mengalami penurunan, kita sudak lebih siap untuk menerima keadaan ibu,” imbuh Cahya Kamila.

Selain penyakit itu, Nani Wijaya juga diketahui penya riwayat stroke dan gagal ginjal sejak lama dideritanya, sehingga ia pun sudah cukup lama vakum dari industri hiburan.

ADVERTISEMENT

Perjalanan karier Nani Wijaya di industri hiburan Tanah Air, sudah membintangi ratusan judul film dan sinetron

nani wijaya

Potret Nani Wijaya | Foto dari Instagram @kartikanani1828

Siapa sih yang belum pernah nonton film ataupun sinetron yang dibintangi Nani WIjaya? Aktris senior ini bahkan sudah memulai kariernya di industri hiburan sejak tahun 1960-an, saat ia masih usia 16 tahunan. Perempuan kelahiran Cirebon, 10 November 1944 ini tercatat sudah membintangi ratusan judul film dan sinetron sepanjang kariernya.

Di tahun 1960, Nani Wijaya debut pertama di film layar lebar Darah Tinggi. Kesuksesan film tersebut membawa Nani Wijaya membintangi banyak film lain di tahun-tahun berikutnya, hingga namanya melambung di era 1970-an. Saat itu, Nani Wijaya membintangi film Yang Muda yang Bercinta (1977) dan mendapat penghargaan pertamanya sebagai Aktris Pembantu Terbaik di Festival Film Indonesia 1978.

Nama Nani Wijaya semakin melambung usai penghargaan pertama tersebut. Ia pun membintangi berbagai film populer di tahun 1980-an hingga 1990-an, seperti Si Doel Anak Betawi, Gara-gara janda Kaya, Roda-roda Gila, R.A. Kartini, Catatan si Boy IV, Perawan Metropolitan, dan masih banyak lainnya.

Selain film layar lebar, Nani Wijaya juga membintangi banyak sinetron, salah satunya Bajaj Bajuri bersama Mat Solar dan Rike Diahpitaloka. Ada juga sinetron populer lainnya seperti Cintaku di Rumah Susun, Si cecep, Pintu Hidayah, Isabella, Kemilau Cinta Kamila, Ketika Cinta Bertasbih Spesial Ramadhan, Tukang Bubur Naik Haji, Tuhan Beri Kami Cinta, dan banyak lagi lainnya.

Begitu banyak karya-karya Nani Wijaya yang telah mengihibur masyarakat Indonesia ya, SoHip. Nggak heran kalau kabar kepergiannya untuk selama-lamanya menyisakan duka mendalam di industri hiburan. Semoga, beliau tenang di sisi-Nya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Penikmat buku dan perjalanan